12 Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Pada bulan suci Ramadhan banyak amalan-amalan yang menjadi sumber pahala bagi umat Islam.

Tidak hanya itu kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Bulan suci Ramadhan mempunyai suasana yang sangat dirindukan.Inilah 12 kegiatan Positif di Bulan Ramadhan:

12 Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan

Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan

1. Membangunkan sahur

Sahur adalah kegiatan makan atau minum yang dilakukan pada dini hari bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa.

Biasanya saat waktu sahur akan ada orang yang membangunkan sahur entah dari Masjid dengan memanfaatkan pengeras suara Masjid atau berkeliling desa atau kampung dengan memakai berbagai macam cara untuk membangunkan sahur, kegiatan seperti ini hanya bisa ditemui di Bulan Suci Ramadhan.

2. Sahur on the road

Sahur on the road adalah kegiatan bersantap sahur yang juga dibarengi dengan kegiatan atau aktivitas membagikan makanan sahur.

Kegiatan sahur on the road biasanya dilakukan dengan berkelompok, baik bersama teman, organisasi tertentu, atau komunitas. Tentunya saat melakukan kegiatan sahur on the road harus mematuhi aturan yang berlaku sehingga kegiatan sahur on the road dapat berjalan dengan positif.

3. Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa atau adzan maghrib, kegiatan ini biasanya dilakukan saat bulan Ramadhan.

Ngabuburit dapat di isi beragam aktivitas seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, datang ke pasar kuliner, atau sekedar menghabiskan waktu di taman, ngabuburit juga dapat di isi dengan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan seperti mendengarkan ceramah pengajian atau mengaji.

Baca Juga :  Pencemaran Lingkungan – Pengertian, Macam, Penyebab, Dampak & Penanganan

4. Berbuka puasa bersama

Berbuka puasa bersama atau buka puasa bersama adalah kegiatan yang juga sering dilakukan dan ditemui pada Bulan Suci Ramadhan.

Menyantap menu berbuka puasa secara bersama-sama adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu saat berbuka puasa.

Buka puasa bersama biasanya dilakukan bersama teman kerja, atau dikemas dengan acara reuni teman sekolah. Kegiatan berbuka puasa bersama atau buka puasa bersama juga dapat bermanfaat untuk mempererat tali sillaturahmi.

5. Berbagi takjil

Pada Bulan Suci Ramadhan kegiatan berbagi kepada sesama adalah hal yang sangat tepat, karena pada Bulan Suci Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk semakin giat dalam beribadah.

Mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positif sangat dianjurkan, salah satu kegiatan positif yang biasa ditemui saat Bulan Suci Ramadhan adalah berbagi takjil.

Kegiatan ini biasanya dilakukan saat menjelang waktu berbuka puasa. Berbagi takjil bisa dilakukan di jalan, panti asuhan, pondok pesantren, dan juga masjid.

6. I’tikaf di masjid

I’tikaf adalah kegiatan berdiam diri di masjid, maksud dari kegiatan i’tikaf adalah melakukan kegiatan amalan lain di dalam masjid seperti membaca Al Qur’an hingga shalat malam.

Kegiatan i’tikaf biasanya dilakukan pada Bulan Suci Ramadhan khususnya pada 10 hari terakhir Bulan Suci Ramadhan.

7. Pesantren kilat

Pesantren kilat adalah kegiatan yang sering ditemui pada Bulan Suci Ramadhan, kegiatan ini merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam kurun waktu yang singkat.

Baca Juga :  6 Bentuk jihad di bulan Ramadhan

Pesantren kilat diadakan dengan tujuan memberi ruang kepada peserta pesantren kilat agar bisa menjalankan atau melakukan ibadah di Bulan Suci Ramadhan dengan suasana yang menyenangkan, tenang, serta bermanfaat.

Pesantren Kilat juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti yang luhur dalam bentuk penerapan pembiasaan hidup beragama.

Pesantren kilat biasanya dilakukan di lingkungan masjid, madrasah atau sekolah.

8. Safari Ramadhan

Safari Ramadhan adalah sebuah kegiatan yang diakomodir secara kelompok untuk melakukan aktivitas atau kegiatan ekspedisi untuk menggapai keutamaan-keutamaan pada Bulan Suci Ramadhan.

Safari Ramadhan dapat digunakan sebagai ajang sillaturahmi. Safari Ramadhan biasnya juga diisi dengan kegiatan atau aktivitas berbagi takjil gratis serta berbuka puasa bersama.

Kegiatan Safari Ramadhan biasanya dilakukan oleh Instansi Pemerintah, komunitas, atau sebuah organisasi.

9. Khatam Al Qur’an

Khatam Al Qur,an atau yang juga bisa disebut dengan mengkhatam Al Qur’an adalah kegiatan yang jugasering dijumpai pada saat Bulan Suci Ramadhan. Pada kegiatan ini biasanya seseorang membaca Al Qur’an sampai dengan selesai Juz 30 atau khatam, biasanya kegiatan ini dilakukan dalam kurun waktu satu bulan saat Bulan Suci Ramadhan.

10. Mudik

Mudik atau yang biasa disebut juga dengan pulang kampung adalah kegiatan yang sering dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Biasanya aktivitas atau kegiatan mudik ini dilakukan sekitar seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.

11. Shalat Malam

“Shalat malam atau sahalt tahajud itu itu dua raka’at, dan apabila ada salah seorang darimu merasa khawatir akan masuk shubuh, amka hendaklah ia melakukan shalat satu raka’at yaitu witir sebagai pengganjil dari shalat malam yang dilakukannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :  Presentasi – Pengertian, Tujuan, Manfaat, Macam Dan Jenis

Di bulan ramadhan, perbanyak untuk melakukan shalat tahajud, lakukan juga aktifitas yang lebih positif seperti mengajak keluarga dan teman teman untuk juga melakukannya sehingga jika menjadi kebiasaan nantinya akan selalu dilaksanakan di tiap malam, tidak hanya di bulan ramadhan saja.

12. Umroh

“Umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan ialah mmeiliki pahala seperti haji bersamaku.”.

Begitulah sabda Rasulullah. Barang siapa yang umroh, karena niat karena Allah, bukan karena ingin pamer atau ingin dipuji manusia maka akan mendapatkan pahala yang mulia, sedang yang melakukan karena ingin dipuji dan pamer semata hanya akan mendapat rasa lelah dan kebaikan yang dilakukannya sia sia.

Demikian info kali ini terkait 12 Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan kita dapat mengisi puasa kita dengan kegiatan-kegiatan positif. aamiin. dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.