12 Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

12 Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma – Berbuka puasa dengan kurma memiliki keutamaan di antaranya menguatkan badan dan menajamkan pandangan. Kalau kita dimudahkan mendapatkan kurma saat puasa, maka berbukalah dengannya.
Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah membawakan dalam Bulughul Marom hadits no. 660,

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.”

Rasulullah berpesan kepada umat Islam agar berpuasa dengan sederhana, yang dicontohkan dengan tiga butir kurma dan meminum segelas air putih. Kurma menjadi makanan khas Ramadan dan menjadi menu wajib setiap hendak berbuka puasa.

Manfaat Kurma

Kurma memiliki manfaat menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan. Namun sebenarnya, masih ada lagi beberapa manfaat yang didapat dari buah kurma. Berikut manfaat yang bisa kita rasakan dari buah kurma:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara. Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :  Merchandise – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contoh

2.Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gr dalam porsi 3,5 ons. Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

4. Melancarkan Proses Persalinan Normal

Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Makan kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, bisa membantu melancarkan persalinan normal. Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi.

5.Menstabilkan Gula Darah

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Tidak cuma sebagai pemanis, kurma kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan. Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

6.Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat dimakan langsung ataupun dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, hingga ke dalam adonan biskuit sebagai makanan pokok untuk diet.

7.Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

Baca Juga :  7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar

8. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Buah yang satu ini kaya akan polifenol ketimbang buah lain.

9.Meningkatkan Kesuburan

Berkat kandungan asam amino dan seng, kurma bisa meningkatkan kesuburan pada pasangan suami istri. Di Timur Tengah, serbuk sari kurma dijadikan obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan. Biji dan serbuk sari kurma memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

10.Mencegah Anemia

Dengan makan kurma setiap hari, mencegah kelelahan dan pucat karena anemia. Kandungan zat besi pada kurma akan meningkatkan produksi sel darah merah. Kurma diketahui memiliki dua jenis olahan yaitu segar dan kering. Anda dapat membedakannya dengan melihat kulitnya. Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut kering sedangkan, kulit kurma yang masih halus, berarti itu adalah kurma segar.

11.Mengurangi Lapar

Manfaat buah kurma selanjutya yaitu untuk mengurangi rasa lapar. Kandungan serat yang dimiliki kurma, dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma, dapat membuat akan lebih cepat merasa kenyang.

Dan jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, maka akan baik bagi dalam mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa. Dan ketika dikonsumsi saat sahur, buah kurma yang memiliki kandungan glukosa lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa.

Baca Juga :  Rima – Pengertian, Jenis Beserta Contohnya

Tetapi tetap jangan berlebihan saat mengonsumsinya, cukup 3 saja agar tubuh Anda tidak kelebihan gula.

12. Cepat Kembalikan Energi

Saat berbuka puasa, kita semua disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Buah kurma merupakan rekomendasi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan.

Karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa.

Karena tubuh kita biasanya akan kehabisa energi dan membutuhkan asupan kalori sebagai bahan bakar energi yang cepat diserap tubuh.

Demikian info kali ini terkait 12 Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma. semoga puasa kita tetap lancar dan selalu semangat puasanya. terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.