Hibernasi – Pengertian, Fungsi, Hewan yang Melakukan Hibernasi, Proses dan Contoh Hewan

Hibernasi – Pengertian, Fungsi, Hewan yang Melakukan Hibernasi, Proses dan Contoh Hewan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Hibernasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, hewan yang melakukan, proses dan contoh hewan, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Hibernasi

Hibernasi adalah suatu keadaan fisiologis yang memungkinkan kelangsungan hidup selama periode panjang suhu dingin dan persediaan makanan yang berkurang, di mana metabolisme menurun, sistem denyut jantung dan pernapasan menurun, dan suhu tubuh dipertahankan pada level yang lebih rendah dibandingkan dengan normal.

Fungsi Hibernasi

Fungsi hibernasi adalah untuk menghemat energi selama periode ketika tidak tersedia makanan yang cukup. Untuk mencapai penghematan energi ini, proses endoterma akan menurunkan tingkat metabolisme terlebih dahulu, yang kemudian menghasilkan penurunan suhu tubuh. Hibernasi bisa berlangsung beberapa hari, minggu, atau bulan tergantung pada spesies, suhu lingkungan, waktu tahun, dan kondisi tubuh individu.

Hewan yang Melakukan Hibernasi

Beberapa hewan termasuk tupai tanah Golden Mantled (Citellus lateralis) ditemukan di bagian barat Amerika Utara pada lintang 1500-3600 m, diantara bagian utara British Columbia dan bagian selatan California, secara normal mereka melakukan hibernasi selama 3-4 bulan. Setelah hibernasi mereka mengkonsumsi makan secara cepat dan berat badan mereka meningkat pada saat menjelang hibernasi pada bulan Oktober.
Selanjutnya pada beruang, dimana sebagian orang mengira bahwa beruang merupakan hewan klasik yang mengalami hibernasi, padahal yang sebenarnya adalah hanya tidur yang nyenyak. Hal tersebut dikarenakan pada beruang tidak signifikan menunjukkan penurunan metabolisme dan temperatur tubuh. Hibernasi yang sebenarnya terjadi pada mammalia kecil, seperti kelelawar, woodchucks dan beberapa burung seperti poorwills dan nighthawks.

Beberapa species serangga memperlihatkan pula periode inaktif selama pertumbuhan dan perkembangan terhenti dan metabolisme berkurang banyak. Pada keadaan tersebut umumnya disebut sebagai “diapause”, meskipun ketika dikorelasikan dengan bulan-bulan musim dingin, maka hal tersebut termasuk hibernasi.

Beberapa kelelawar merupakan hibernator. Kelelawar coklat besar (Big Brown Bat) berkelompok dalam jumlah yang besar pada musim dingin. Kelelawar-kelelawar tersebut menggantung turun dan naik dengan sayap dan ekor mereka menutupi tubuhnya untuk menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Temperatur tubuh mereka turun dan mereka terlihat seperti mati. Kelelawar melakukan hibernasi dari bulan Oktober sampai April, bangun hanya satu kali dalam sebulan. Kelelawar membangun kehangatan selama hibernasi caranya dengan membuat lubang tiruan seukuran ibu jarinya.

Baca Juga :  Kalimat Tanya – Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenisnya

Katak melakukan hibernasi di dasar sungai dan kolam dimana airnya tidak dingin atau membeku. Katak woodland ditemukan di bawah dedaunan dan kotoran. Selama musim dingin mereka membeku tetapi kembali cair atau normal dan bangun pada musim semi. Ular melakukan hibernasi secara bersama-samadalam suatu lubang dengan maksud untuk menjaga agar mereka tetap hangat.

Lubang ular dapat ditemukan di bebatuan, lubang tersembunyi dan dasar sumur tua. Kumbang menghabiskan musim dingin dengan hibernasi yang dikenal dengan “diapause”. Mereka menjadi gemuk menjelang musim dingin dengan memakan banyak aphid dan pollen. Kemudian mereka bersembunyi di dalam bangunan atau di bawah batang-batang kayu, batu-batuan dan gundukan daun-daunan.

Hewan-hewan yang mengalami hibernasi

Beruang tidak melakukan hibernasi sebenarnya. Mereka masuk ke dalam lubang (gua, cekungan kayu, tepi-tepi sungai) hanya sedikit menurunkan temperatur tubuh dan laju jantung mereka menjadi lambat, tetapi bukan seperti hibernasi sebenarnya. Beruang memasuki masa torpor atau tidur sementara dan dapat bangun dan berjalan disekitarnya.

Anak beruang kecil yang masih muda berada di dalam lubang selama musim dingin. Beruang makan dan makan pada akhir musim panas dan hujan, sebagai upaya menyimpan lemak sebelum mereka masuk ke dalam lubang. Ketika mereka kembali memasuki musim semi, beruang- beruang sangat kurus dan lapar. Beruang betina akan menghabiskan musim dingin di dalam lubang jika mereka akan melahirkan.

Hibernasi pada beruang (Ursus americanus) adalah unik berlangsung selama 3 sampai 7 bulan, ditandai dengan temperatur tubuh yang mendekati normal, tidak makan, minum, urinasi, dan defekasi. Selama hibernasi terjadi kehilangan masa tubuh sebab asam amino memasuki jalan sintetis protein pada saat laju produksi menurun memasuki siklus urea.

Urea yang dibentuk dihidrolisasi dan nitrogen dilepaskan berkombinasi dengan gliserol membentuk asam amino, dimana kembali memasuki jalan sintesis protein. Lemak tubuh disuplai dari substrat hasil metabolisme (4000 kilokalori/hari). Ketosis tidak terjadi. Metabolisme air cukup untuk menjaga hidrasi normal. Kira-kira 100 ml urine difilterisasi setiap hari oleh ginjal tetapi dinding kantung kemih membawa air dan solute kembali ke dalam darah pada saat laju kira-kira seimbang antara masuk ke dalam kantung kencing. Beruang tidak dapat menduplikasi adaptasi di musim dingin ke musim panas ketika rumah mereka menjadi dingin dan gelap.

Baca Juga :  Sistem Pemerintahan Presidensial – Pengertian, Ciri, Unsur, Contoh, Kelebihan & Kekurangan

Selama hibernasi beruang memperlihatkan hypothalamic hypothyroidism dan peningkatan produksi testosteron. Perubaan tersebut memperlihatkan pentingnya proses anabolisme dan katabolisme pada beruang yang hibernasi (Nelson, 1980).

Pada musim semi, tupai tanah keluar dari lubang pada bulan April dan Mei. Tupai tanah yang muda berumur satu bulan keluar dari lubang pada awal Juni. Mendekati akhir bulan Juni, jantan dewasa kembali memasuki hibernasi. Betina dewasa melakukan hal yang sama pada bulan Juli.

Tetapi tupai yang muda aktif hampir selama musim panas. Pada bulan September ketika makanan mulai sedikit ditemukan mereka mulai melakukan hibernasi. Tupai tanah (The Richardson’s Ground Squirrels) menyimpan makanan selama hibernasi, mereka bangun setiap 10 sampai 14 hari dan mengambil makanan. S

Proses Hibernasi Pada Hewan

Sebelum memasuki masa hibernasi, hewan-hewan tersebut biasanya melakukan proses mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, seperti yang terjadi pada beruang. Hewan-hewan melakukan fase hibernasi untuk menyimpan cadangan lemak bagi tubuh mereka untuk beradaptasi menghadapi musim dingin, atau musim-musim dengan suhu iklim yang menurun dari biasanya.

Bahkan setelah bangun dari hibernasi, hewan-hewan ini membutuhkan beberapa saat untuk melanjutkan kegiatan normal mereka. Sebagian pendapat menyebut hibernasi sebagai tidur yang mirip dengan kematian. Selama hibernasi, denyut jantung akan melambat dan beberapa organ non vital menjadi tidak aktif sepenuhnya. Ini adalah kondisi dimana tubuh menggunakan energi minimal.

Contoh Hewan Hibernasi

Beruang Kutub
Hibernasi adalah suatu proses tidur panjang di musim dingin yang biasa dilakukan oleh hewan-hewan tertentu, yang hidup di daerah empat musim atau kutub. Selama masa hibernasi, hewan-hewan tersebut akan memperlambat metabolisme tubuhnya. Hewan yang sedang melakukan hibernasi biasanya akan tidur di sarangnya, di gua-gua atau liangnya.

Baca Juga :  Antonim, Sinonim dan Akronim - Pengertian, Contoh Antonim, Sinonim dan Akronim

Tujuannya, supaya aktivitas tubuhnya dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, sehingga tidak diperlukan energi yang besar. Jadi tujuan hibernasi adalah untuk menghemat energi tubuh dan bertahan hidup selama musim dingin. Salah satu hewan yang melakukan hibernasi adalah beruang kutub.

Hibernasi bagi beruang kutub adalah suatu masa untuk benar-benar mengistirahatkan seluruh organ tubuhnya. Ia tidak makan atau minum kecuali tidur sepulas-pulasnya sampai hitungan bulan. Karena itulah bagi beruang kutub yang akan berhibernasi, ia lebih dulu menggemukkan dirinya pada musim gugur. Timbunan lemak sangat dibutuhkan untuk menyokong proses hibernasi.

Cadangan lemak ini akan menjamin tubuh mendapat pasokan makanan, minuman dan nutrisi yang diperlukan. Maka sebelum memasuki fase hibernasi pada musim dingin, beruang kutub akan mencari makanan dan berubah menjadi lebih rakus dari biasanya. Perilaku rakus mendadak selama satu musim ini memang harus dilakukannya. Sebab selama hibernasi ia tak akan bergerak sedikitpun dan penimbunan lemak adalah satu-satunya cara untuk menjamin pasokan energi tubuh tetap tercukupi dalam waktu lama.

Hal ini menyebabkan hewan yang baru saja usai berhibernasi akan tetap kuat , sama dengan saat ia sebelum berhibernasi. Kebiasaan lain menjelang berhibernasi adalah beruang kutub akan lebih giat menggali lubang perlindungan, membangun sarang yang nyaman.

Setelah selesai melakukan hibernasi, beruang kutub akan kembali melakukan aktivitas seperti biasanya. Hanya saja ia akan mengadaptasikan diri dengan merontokkan bulu-bulunya guna menyesuaikan diri dengan lingkungannya saat musim panas. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu tubuh beruang kutub agar tetap stabil.

Demikianlah pembahasan mengenai Hibernasi – Pengertian, Fungsi, Hewan yang Melakukan Hibernasi, Proses dan Contoh Hewan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.