18 Makanan Penguat Stamina Saat Puasa

Berpuasa satu bulan penuh selama Ramadan membutuhkan banyak energi agar dapat selalu kuat menjalani aktivitas walaupun tidak makan dan minum. Kurangnya energi dapat membuat tubuh mudah lelah dan membuatmu menjadi tidak produktif, atau bahkan membuatmu sakit.

Untuk memenuhi kebutuhan energi saat berpuasa diperlukan strategi yang bagus. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang dapat menambah energi saat sahur. Selain untuk menambah energi, diperlukan pula makanan yang dapat membuatmu fokus dalam beraktivitas seharian.


Makanan dan minuman untuk menambah energi pada tubuh yang baik haruslah mengandung nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selagi berpuasa antara lain serat, protein, lemak, dan lain-lain. Agar kadar cairan tubuh tercukupi saat berpuasa juga perlu mengonsumsi air putih yang cukup.
Nah, agar kuat beraktivitas saat puasa, berikut lazuare.com rangkum dari berbagai sumber 18 Makanan Penguat Stamina Saat Puasa

1. Pisang

Pisang ternyata sangat baik untuk menambah energi, lho. Pasalnya, pisang kaya akan kandungan karbohidrat, potasium, dan vitamin B6. Fungsi dari kandungan-kandungan tersebut adalah meningkatkan energi. Sehingga apabila makan pisang di saat sahur, kamu dijamin bisa kuat beraktivitas walaupun sedang berpuasa seharian.

2. Ikan

Ikan yang tinggi akan kandungan lemak seperti tuna dan salmon juga bisa dijadikan menu sahurmu agar lebih kuat selama berpuasa. Ikan ini mengandung vitamin B12 dan asam folat yang dapat membuat peredaran darah dan zat besi pada tubuh bekerja lebih optimal. Sehingga, energimu akan bertambah dan kuat seharian berpuasa.

3. Nasi merah

Nasi merah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu proses pembentukan energi pada tubuh. Selain itu, kandungan serat pada nasi merah juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Sehingga dapat membuat energi stabil sepanjang hari.

4. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Seperti dilansir dari healthline.com, satu porsi atau 100 gram ubi jalar dapat memberikan karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin A untuk tubuh.
Karbohidrat kompleks tersebut dapat dicerna secara lambat di pencernaan, sehingga hal tersebut dapat memberikan pasokan energi yang stabil untuk beraktivitas selama puasa.

Baca Juga :  Transaksi – Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bukti.

5. Telur.

Telur mengandung banyak protein yang dapat menjadi sumber energi pada tubuh. Asam amino pada telur juga dapat merangsang proses pembentukan energi dengan cara membantu tubuh menyerap lebih banyak gula, merangsang pembentukan energi, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi di dalam tubuh.

6. Apel.

Apel kaya akan karbohidrat, gula, dan serat yang dapat membuat pelepasan energi pada tubuh menjadi lambat dan berkelanjutan. Kandungan antioksidan pada apel juga dapat memperlambat pencernaan karbohidrat.
Sehingga tubuh akan melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama saat berpuasa. Untuk mengonsumsi apel, sebaiknya utuh bersama kulitnya, karena serat pada apel tersimpan pada kulitnya.

7. Air putih.

Saat berpuasa, kurangnya konsumsi air putih akan membuat seseorang menjadi dehidrasi. Hal tersebut akan memicu rasa lesu dan lelah. Maka dari itu, minum air putih yang cukup saat sahur dapat meningkatkan energi dan melawan rasa lelah selama berpuasa seharian.

8. Cokelat hitam.

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu pengiriman oksigen ke otak dan otot, sehingga dapat mengurangi rasa lelah saat beraktivitas. Maka dari itu, mengonsumsi cokelat hitam setelah menyantap menu sahurmu dapat membantu menjaga energi selama seharian berpuasa.

9. Goji berry.

Buah ini terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Biasanya, buah ini dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau buah kering sebagai pengobatan tradisional. Goji berry memiliki kandungan serat dan antioksidan tinggi, sehingga membantu untuk memperlambat kerja sistem pencernaan dan melepaskan energi secara perlahan. Kamu bisa mengonsumsi buah ini sebagai topping yogurt maupun smoothie biar kuat puasa seharian.

10. Quinoa.

Quinoa terkenal sebagai makanan orang-orang yang sedang berdiet. Makanan ini tinggi akan kandungan protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.
Walaupun tinggi akan karbohidrat, quinoa akan membantu pelepasan energi pada tubuh secara lambat dan perlahan. Sehingga sangat baik untuk dimakan saat sahur untuk tetap kuat saat puasa.

Baca Juga :  Perjanjian Saragosa : Pengertian, Latar Belakang, Tujuan, Isi Dan Dampaknya

11. Oatmeal.

Kandungan gandum pada oatmeal menyediakan sumber energi yang dapat bertahan lama bagi tubuh. Oatmeal juga mengandung beta glukan, yaitu serat yang dapat menunda proses pengosongan perut dan penyerapan glukosa ke dalam darah.
Selain itu, oatmeal juga tinggi vitamin dan mineral untuk membantu proses pembentukan energi. Mengonsumsi oatmeal saat sahur dipercaya mampu memberikan energi yang cukup selama berpuasa.

12. Edamame.

Kacang yang satu ini baik untuk kesehatan karena rendah akan kalori, tetapi tinggi akan protein, karbohidrat, dan serat. Selain itu, edamame memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi untuk meningkatkan energi, mencegah lelah dan anemia, sehingga cocok banget dikonsumsi saat sahur untuk dapat beraktivitas dan berpuasa seharian penuh.

13. Alpukat

Buah satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya baik untuk kesehatan. Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin B, dan serat yang terbukti dapat secara optimal untuk menyerap nutrisi. Selain itu, serat pada alpukat juga dapat mempertahankan energi yang stabil walaupun sedang berpuasa. Yuk, makan alpukat setiap sahur.

14. Stroberi.

Stroberi kaya akan kandungan karbohidrat, serat, dan gula yang dapat meningkatkan energi pada tubuh saat beraktivitas selama puasa. Kandungan karbohidrat pada stroberi nggak hanya baik buat kesehatan, tapi juga mencegah rasa lelah yang muncul pada tubuh dan memberikan tambahan energi. Kamu dapat menikmati jus maupun smoothie stroberi sebagai menu sahurmu.

15. Teh hijau

Minuman satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu dapat meningkatkan energi pada tubuh. Hal ini didapat dari kandungan kafein yang dimiliki oleh teh hijau.
Di samping itu, teh hijau juga memiliki senyawa L-teanine yang dapat menjadi pendorong energi, pencegah lelah, dan pelepasan hormon norepinefrin. Sangat bermanfaat jika dikonsumsi saat sahur demi kelancaran berpuasa seharian penuh.

Baca Juga :  Perkembangbiakan Tebu – Pengertian, Proses, Cara Dan Klasifikasi

16. Kurma

Kurma identik dengan bulan puasa. Maka, bukan hal mengherankan jika buah ini banyak beredar selama bulan Ramadan.

Selain itu, kurma ternyata juga bermanfaat meningkatkan energi tubuh. Sebab, kandungan nutrisi seperti karbohidrat protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang ada di dalam kurma dapat meningkatkan stamina tubuh. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka agar tubuh tidak lemas ketika menjalani puasa.

17. Jagung

Jagung kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Bahkan, buah ini menyediakan kalori yang sehat untuk metabolisme. Tak hanya itu, jagung juga mengandung glikogen yang siap untuk diubah dalam tubuh menjadi energi.

18. Madu

Madu bermanfaat menghasilkan energi. Hal ini lantaran kandungan gizi terbanyak madu yaitu karbohidrat. Seperti diketahui karbohidrat adalah sumber tenaga. Selain itu, madu juga mengandung vitamin, mineral, dan enzim. Dari kandungan nutrisi yang dimilikinya tersebut, Anda yang sedang berpuasa disarankan untuk konsumsi madu karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kemudian, ada juga manfaat lain dari madu yang menunjang aktivitas ibadah di bulan suci Ramadhan. Madu bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin, sehingga tubuh tidak mudah lemas.

Mengonsumsi makanan yang bisa mengembalikan stamina bahkan mengatur sumber energi tubuh memang perlu dilakukan. Hal ini juga yang akan melancarakan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Kesehatan terjaga dan melakukan amalan-amalan baik tidak terhalang.

Demikian info kali ini terkait 18 Makanan Penguat Stamina Saat Puasa. semoga info kali ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. tetap semangat menjalani ibadah puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.