23 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

23 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli dalam Bukunya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Kompetensi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kompetensi

Kompetensi adalah suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut. Dengan demikian, kompetensi menunjukkan keterampilan atau pengetahuan yang dicirikan oleh professionalisme dalam suatu bidang tertentu sebagai sesuatu yang terpenting, sebagai unggulan bidang tersebut.

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian kompetensi menurut para ahli, terdiri atas:

  1. Menurut KBBI
    Kompetensi adalah kewenangan atau kekuasaan untuk menetapkan (memutuskan sesuatu); keahlian untuk menguasai gramatikan suatu bahasa secara abstrak atau batiniah.
  2. Menurut Purwadarminta
    Kompetensi adalah kewenangan (kekuasaan) untuk menentukan atau memutuskan sesuatu hal.
  3. Menurut Surat Keputusan Mendiknas nomor 045/U/2002
    Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.
  4. Menurut UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas penjelasan pasal 35 (1)
    Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standard nasional yang telah disepakati.
  5. Menurut UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan: pasal 1 (10)
    Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  6. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 23 Tahun 2004
    Menjelaskan tentang sertifikasi kompetensi kerja sebagai suatu proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistimatis dan objektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia dan atau Internasional.
  7. Menurut Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
    Kompetensi adalah pernyataan tentang bagaimana sesorang dapat mendemontrasikan: keterampilan, pengetahuan dan sikapnya di tempat kerja sesuai dengan standar Industri atau sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja (industri).
  8. Menurut Association K.U. Leuven
    Kompetensi adalah peingintegrasian dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan untuk melaksanakan satu cara efektif.
  9. Menurut Robert A. Roe (2001)
    Kompetensi dapat digambarkan sebagai kemampuan untuk melaksanakan satu tugas, peran atau tugas, kemampuan mengintegrasikan pengetahuan, ketrampilan-ketrampilan, sikap-sikap dan nilai-nilai pribadi, dan kemampuan untuk membangun pengetahuan dan keterampilan yang didasarkan pada pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan.
  10. Menurut Steven Moulton, SPHR
    Kompetensi bisa didefinisikan sebagai kemampuan teknikal yang membedakan perusahaan dengan pesaing. Sementara bagi individu, kompetensi bisa didefinisikan sebagai kombinasi pengetahuan, keahlian, dan kebisaan yang mempengaruhi kinerja kerjanya. Ia mengaku, definisi kompetensi bisa sangat beragam dan berbeda dari satu orang ke orang lainnya.
  11. Menurut Drs. Budiman Sanusi Mpsi
    Kompetensi adalah keseluruhan pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan sikap yang ditampilkan oleh orang-orang yang sukses/berhasil dalam mengerjakan suatu tugas dengan prestasi kerja yang optimal.
  12. Menurut Ruky (2003:104) mengutip pendapat Spencer & Spencer
    Kompetensi adalah “an underlying characteristic of an individual that is casually related to criterion – referenced effective and/or superior performance in a job or situation” (Karakteristik dasar seseorang yang mempengaruhi cara berpikir dan bertindak, membuat generalisasi terhadap segala situasi yang dihadapi, serta bertahan cukup lama dalam diri manusia).
  13. Menurut The Jakarta Consulting Group (Susanto, 2002)
    Kompetensi adalah segala bentuk perwujudan, ekspresi, dan representasi dari motif, pengetahuan, sikap, perilaku utama agar mampu melaksanakan pekerjaan dengan sangat baik atau yang membedakan antara kinerja rata-rata dengan kinerja superior. Pendekatan ini dilihat dari sudut pandang individual.
  14. Menurut Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 46A Tahun 2003 Tanggal 21 Nopember 2003
    Kompetensi adalah kemampuan dan karak-teristik yang dimiliki seorang Pegawai Negeri Sipil berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya, sehingga Pegawai Negeri Sipil tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara professional, efektif, dan efisien.
  15. Menurut Watson Wyatt dalam Ruky (2003:106)
    Kompetensi adalah kombinasi dari keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan perilaku (attitude) yang dapat diamati dan di-terapkan secara kritis untuk suksesnya sebuah organisasi dan prestasi kerja serta kontribusi pribadi karyawan terhadap organisasinya.
  16. Menurut E. Mulyasa
    Kompetensi adalah perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, dan nilai serta sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.
  17. Menurut Stephen Robbin
    Kompetensi adalah keahlian atau kapasitas seseorang dalam mengerjakan beraneka macam tugas dalam suatu pekerjaan, yang mana keahlian tersebut ditetapkan oleh 2 faktor, yakni keahlian intelektual dan keahlian fisik.
  18. Menurut Echols dan Shadily
    Kompetensi secara etimologi berasal dari kata bahasa Inggris “competency” yang artinya kecakapan atau kemampuan.
  19. Menurut Van Looy, Van Dierdonck dan Gemmel
    Kompetensi adalah sebuah ciri-ciri manusia yang berkaitan dengan efektifitas performa, ciri-ciri yang bisa dilihat dari gaya bertindak, berperilaku dan berpikir orang tersebut.
  20. Menurut Sedarmayanti
    Kompetensi adalah ciri-ciri yang mendasar yang mana dimiliki seseorang yang berdampak langsung atau bisa memprediksikan kinerja yang sangat baik.
  21. Menurut Mitrani
    Kompetensi adalah salah satu bagian kepribadian yang mendalam dan melekat pada seseorang serta tingkah laku yang bisa diprediksi pada beraneka macam kondisi dan tugas pekerjaan.
  22. Menurut Mangkunegara
    Kompetensi adalah sebuah faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang mempunyai keahlian lebih, yang membuatnya menjadi berbeda dengan seseorang yang mempunyai keahlian rata-rata ataupun biasa saja.
  23. Menurut Byars & Rue
    kompetensi adalah suatu sifat atau ciri-ciri yang diperlukan seorang yang mempunyai jabatan agar dapat menjalankan jabatan dengan baik dan benar.
Baca Juga :  Manajemen Risiko – Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Proses, Cara & Langkah

Demikianlah pembahasan mengenai 23 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli dalam Bukunya. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.