28 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli dalam Bukunya

28 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli dalam Bukunya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Ilmu yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Ilmu

Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh upaya sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai aspek realitas di alam manusia. Aspek-aspek tersebut dibatasi untuk menghasilkan formula yang pasti. Ilmu memberikan kepastian untuk membatasi ruang lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu yang diperoleh dari keterbatasan.

Ilmu tidak hanya pengetahuan (knowledge), namun meringkas satu set teori berbasis pengetahuan yang disepakati dan dapat diuji secara sistematis dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dalam cahaya filsafat, ilmu terbentuk karena orang mencoba untuk berpikir lebih tentang pengetahuan mereka. Sains adalah produk epistemologi.

Ilmu alam hanya bisa memastikan setelah lapangan terbatas pada Baha’i (material saja), atau psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika pandangannya terbatas pada lingkup aspek umum perilaku manusia yang konkret. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana jarak matahari dan bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang wanita muda cocok menjadi perawat.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian ilmu menurut para ahli, terdiri atas:

  1. Menurut NS. Asmadi
    Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahuai melalui penyeledikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
  2. Menurut DR. H.M. Gade
    Ilmu adalah hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.
  3. Menurut Popper
    Ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.
  4. Menurut Minto Rahayu
    Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum.
  5. Menurut Harold H.titus
    Ilmu adalah sebagai common science yang diatur dan diorganisasikan, mengadakan pendekatan terhadap benda-benda atau peristiwa-peristiwa dengan menggunakan metode-metode observasi yang teliti dan kritis.
  6. Menurut Dr. H. Ali As’ad
    Ilmu adalah suatu sifat yang jika dimiliki seseorang maka menjadi jelaslah apa yang terlintas di dalam pengertiannya.
  7. Menurut Prof. DR. A. Baiquni
    Ilmu adalah merupakan general consensus dari masyarakat yang terdiri dari para scientist.
  8. Menurut Ralph Ross dan Ernest Van Den Haag
    Ilmu adalah yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan ke-empatnya serentak.
  9. Menurut J. Haberer 1972
    Ilmu adalah suatu hasil aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode dan praktek dan menjadi pranata dalam masyarakat.
  10. Menurut D. Bernal 1977
    Ilmu adalah suatu pranata atau metode yang membentuk keyakinan mengenai alam semesta dan manusia.
  11. Menurut E. Cantote 1977
    Ilmu adalah suatu hasil aktivitas manusia yang mempunyai makna dan metode.1977 -1992.
  12. Menurut Nazir
    Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.
  13. Menurut Shapere
    Pada dasarkan konsep ilmu mencakup tiga hal yaitu adanya rasionalitasm dapat digeneralisasi dan dapat di sistematisasi.
  14. Menurut Schulz
    Ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial.
  15. Menurut John G.Kemeny
    Ilmu adalah semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan metode ilmiah sebagai prosedur.
  16. Menurut The Liang Gie
    Ilmu adalah rangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa aneka prosedur dan susunan langkah sehingga akan menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala kealaman, kemasyarakatan atau keorangan untuk tujuan mencapai kebenaran, memperoleh pemahaman dan memberikan penjelasan atau melakukan penerapan.
  17. Menurut Dr. Maurice Bucaille
    Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal dalam bentuk apapun, baik dalam jangka waktu yang lama maupun jangka pendek.
  18. Menurut Harsojo
    Ilmu adalah sekumpulan akumulasi pengetahuan yang disistematiskan.
  19. Menurut Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag
    Ilmu adalah sesuatu yang empiris, rasional (dapat diterima akal), umum & sistematik, dan dari keempat aspek tersebut terjadi secara serentak.
  20. Menurut Prof. Dr Syed Naquib Alattas
    Ilmu adalah ketibaan makna dalam diri seseorang yang dapat menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau diperoleh.
  21. Menurut Mohammad Hatta
    Ilmu adalah sebuah pengetahuan yang teratur mengenai pekerjaan hukum secara kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya yang tampak dari luar, maupun dari dalam.
  22. Menurut Izuddin Taufiq
    Ilmu adalah penelusuran informasi atau data melalui sebuah pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan hakikat, landasan dasar maupun asal usulnya.
  23. Menurut Karl Pearson
    Ilmu adalah keterangan yang stabil & komprehensif tentang suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.
  24. Menurut Ashely Montagu
    Ilmu adalah pengetahuan dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan juga percobaan untuk menentukan dasar prinsip tentang suatu hal yang sedang dikaji.
  25. Menurut John G. Kemeny
    Ilmu adalah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah dan merupakan hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode tersebut.
  26. Menurut Thomas Kuhn
    Ilmu adalah himpunan kegiatan yang dapat menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
  27. Menurut Poespoprodjo
    Ilmu adalah sebuah proses perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri dari perkembangan teori & uji empiris.
  28. Menurut Afanasyef
    Ilmu adalah seorang pemikir Marxist dari Rusia yang menjelaskan tentang ilmu, dimana ilmu merupakan pengetahuan manusia tentang alam, pikiran dan masyarakat. Beliau mencerminkan alam & berbagai konsep, kategori & hukum-hukum, yang mana ketetapan & kebenarannya diuji oleh pengalaman praktis.
Baca Juga :  Pengertian Hedonisme – Contoh, Ciri, Jenis, Faktor, Dampak, Kelebihan dan Kekurangan

Demikianlah pembahasan mengenai 28 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli dalam Bukunya. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.