45 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

45 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli & Sumber Bukunya – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Komunikasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Komunikasi berasal dari bahasa Inggris “Communication” dan dari bahasa latin “communicatio” yang bersumber dari kata “communis” memiliki arti “membangun kebersamaan dan keharmonisan antara 2 (dua) orang atau lebih”, banyak pendapat dan konsep tentang komunikasi yang di kemukakan oleh para ahli komunikasi.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

  1. Menurut Raymond Ross
    Komunikasi adalah proses pemilahan, memilih, dan simbol pengiriman sedemikian rupa yang membantu penerima menghasilkan respon pesan atau makna penalaran yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
  2. Menurut Gerald R. Miller
    Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada penerima dengan maksud sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
  3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
    Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang individu atau lebih agar pesan yang diberitakan tersebut bisa dipahami oleh lawan bicara.
  4. Menurut Carl I. Hovland
    Komunikasi merupakan kejadian proses yang memungkinkan seseorang untuk memberikan stimulasi (biasanya dengan menggunakan lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
  5. Menurut New Comb
    Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber ke penerima.
  6. Menurut Bernard Barelson & Garry A. Steiner
    Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafik, angka, dll.
  7. Menurut Colin Cherry
    Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi untuk tujuan bersama dan hubungan hubungan komunikasi yang ditimbulkan oleh generasi penerus rangsangan dan respon.
  8. Menurut Forsdale (1981)
    “komunikasi adalah proses oleh sistem yang didirikan, dipelihara dan diubah melalui sinyal-sinyal yang beroperasi bersama-Menurut aturan”.
  9. Menurut J. Seller
    William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi makna.
  10. Menurut Everett M. Rogers
    Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber ke penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  11. Menurut Rogers dan D. Lawrence Kincaid
    Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau pertukaran informasi dengan satu sama lain, yang pada gilirannya akan tiba di saling pengertian luas.
  12. Menurut Shannon & Weaver
    Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi wajah, lukisan, seni, dan teknologi.
  13. Menurut Harorl D. Lasswell
    Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)
  14. Menurut John R. Wenburg dan William W. Wilmot
    Komunikasi adalah upaya untuk mendapatkan makna.
  15. Menurut Judy C. Pearson & Paul E Melson
    Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.
  16. Menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss
    Komunikasi adalah proses makna antara dua orang atau lebih.
  17. Menurut William I. Gordon
    Komunikasi singkat dapat didefinisikan sebagai transaksi dinamis yang melibatkan pikiran dan perasaan.
  18. Menurut M. Djenamar. SH
    Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide, satu orang ke orang lain.
  19. Menurut William Albig
    Komunikasi adalah proses mentransfer simbol yang berarti antara individu.
  20. Menurut Prof Dr Alo Liliweri
    Komunikasi adalah transfer pesan dari satu sumber ke penerima agar dapat dipahami.
  21. Menurut Anwar Arifin
    Komunikasi adalah sebuah konsep yang banyak arti. Arti komunikasi dapat dibedakan komunikasi berbasis sebagai proses komunikasi sosial dalam pengertian ini dalam konteks ilmu-ilmu sosial. Dimana para ilmuwan sosial telah melakukan penelitian dengan cara melakuan pendekatan komunikasi yang umumnya berfokus pada aktivitas manusia dan hubungan dengan pesan perilaku.
  22. Menurut Murphy & Mendelson
    Komunikasi adalah untuk membangun dan menjaga serta mempertahankan hubungan interpersonal.
  23. Menurut Aristoteles
    Komunikasi adalah sarana yang warga negara dapat berpartisipasi dalam masyarakat demokratis.
  24. Menurut Redi Panuju
    Komunikasi adalah suatu sistem yang menghubungkan aliran dan kinerja antara bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan sinergi.
  25. Menurut Hoben
    Komunikasi adalah pertukaran pikiran dan gagasan secara lisan.
  26. Menurut Anderson
    Komunikasi adalah proses yang dinamis dan terus berubah sesuai dengan situasi yang berlaku. Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan untuk mengurangi ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
  27. Menurut Leksikograf
    Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kesatuan. Jika dua orang untuk berkomunikasi pemahaman yang sama dari pesan yang dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  28. Menurut Barnlund
    Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
  29. Menurut Lexicographer
    Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  30. Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977
    Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.
  31. Menurut Hovland, Janis & Kelley : 1953
    Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).
  32. Menurut Gode, 1959
    Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
  33. Menurut Ruesch, 1957
    Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
  34. Menurut Weaver, 1949
    Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.
  35. Menurut Achmad S. Ruky
    Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, utk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi dan tingkah laku orang yang menerima pesan.
  36. Menurut Atep Aditya Barata
    Komunikasi adalah poses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita (informasi) antara 2 orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
  37. Menurut DRS. Agus M. Hardjana
    Komunikasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh kemampuan, penerimaan pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertyentu pula kepada orang yang menyampaukan pesan itu kepadanya.
  38. Menurut Sindu mulianto
    Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.
  39. Menurut Wuryanano
    Komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laku anda, dan segala sesuatu yang terpancar dari pribadi anda.
  40. Menurut Markman, 1981 : Murphy & Mendelson. 1973
    Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.
  41. Menurut Deddy Mulyana
    Komunikasi adalah suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia.
  42. Menurut HIMSTREET & BATY
    Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
  43. Menurut LASWELL
    Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
  44. Menurut A. WINNET
    Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut.
  45. Menurut KARFRIED KNAPP
    Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan non verbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral, dan visual).
Baca Juga :  Macam-Macam Komunikasi – Pengertian, Komponen, Model, Sejarah dan Faktor

Demikianlah pembahasan mengenai 45 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.