Buletin – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri, Hubungan Buletin dan Komunikasi dan Fungsi

Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai buletin yang dimana dalam hal ini meliputi Buletin – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri, Hubungan Buletin dan Komunikasi dan Fungsi, untuk dapat memahami dan dimengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Buletin

Buletin adalah publikasi “oleh organisasi” yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan ditertibkan/dipublikasikan secara teratur “berkala” dalam waktu yang relatif singkat “harian hingga bulanan”.
Buletin ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit, yang berkaitan dengan bidang tertentu saja. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat “mirip berita” dimana digunakan bahasa yang formal dan banyak istilah teknis berkaitan dengan bidang tersebut.

Desain, serta foto-foto atau ilustrasi dalam buletin umumnya formal, pilihan ukuran penerbitan buletin biasanya ialah A4 “210 X 297 mm” atau eksekutif “7¼ x 10½ inci”. Untuk buletin yang terbit secara berkala dalam jangka waktu sedang “1-2 bulan”, biasanya ditertibkan dengan jumlah halaman agak tebal “36-120 halaman” yang berisi tentang fara umainah.

Buletin adalah publikasi (oleh organisasi) yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan/ dipublikasikan secara teratur (berkala) dalam waktu yang relatif singkat (harian hingga bulanan).
Buletin ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit, yang berkaitan dengan bidang tertentu saja. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat (mirip berita) di mana digunakan bahasa yang formal dan banyak istilah teknis berkaitan dengan bidang tersebut.
Desain, serta foto-foto atau ilustrasi dalam buletin umumnya formal. Pilihan ukuran penerbitan buletin biasanya adalah A4 (210 x 297 mm) atau eksekutif (7¼ x 10½ inci).
Untuk buletin yang terbit secara berkala dalam jangka waktu sedang (1-2 bulan), biasanya diterbitkan dengan jumlah halaman agak tebal (36-120 halaman).

Baca Juga :  DOS - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelas-kelas dan Cara Penanggulangan

Fungsi Buletin

Menurut Onong U. Effendy buletin sebagai media komunikasi yang berfungsi sebagai berikut:

  1. Menginformasikan “to inform” yakni memberikan informasi kepada masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran, dan tingkah laku orang lain, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain.
  2. Mendidik “to educate” yakni sebagai sarana pendidikan, dengan komunikasi manusia dapat menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain sehingga orang lain mendapatkan informasi dan pengetahuan.
  3. Mempengaruhi “to influence” yakni fungsi mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya dengan cara saling mempengaruhi jalan pikiran komunikan dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikan sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Menghibur “to entertaint” yakni komunikasi berfungsi untuk menyampaikan hiburan atau menghibur orang lain.

Tujuan Pembuatan Buletin

Adapun tujuan dalam pembuatan buletin yaitu:

  1. Membuat daya tarik agar menjadi jurnalis yang baik.
  2. Menjadi daya tarik bagi minat baca.
  3. Semakin memperbanyak orang yang minat baca.
  4. Membuat seru bagi peminat baca.
  5. Yang tidak minat jadi minat karena dibuatnya buletin.

Ciri-Ciri Buletin

Adapun ciri-ciri buletin yaitu:

  1. Dibuat oleh sebuah organisasi, lembaga atau yayasan tertentu.
  2. Isinya bisa memuat pemikiran suatu organisasi/lembaga/yayasan tersebut.
  3. Setiap edisi memiliki tema yang berbeda.
  4. Fokus pada bidang tertentu.
  5. Ada yang tertib mingguan, bulanan.
  6. Bertema.
  7. Tertibnya berkala.
  8. Berupa selebaran/majalah singkat.
  9. Ukurannya kadanga ada yang A4 dan ada juga yang berukuran A5.
  10. Ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit yang berkaitan dengan bidang tertentu.
  11. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat dimana digunakan bahasa yang formal dan banyak istilah teknis berkaitan dengan bidang tersebut.
  12. Desain serta ilustrasi dalam buletin umumnya formal.
  13. Selain memuat tulisan/artikel ilmiah, juga memuat berita-berita terkait dengan kegiatan ilmiah dari instansi/asosiasi yang menerbitkan buletin itu.
Baca Juga :  Tanda-tanda dan Kiat Lailatul Qadr

Sedangkan untuk ciri-ciri khususnya, itu tergantung dari masing-masing buletin yang ditertibkan, karena setiap buletin memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda.

Hubungan Buletin dan Komunikasi

Menurut Oemi Abdurachman dalam bukunya “Dasar- Dasar Public Relations:” Salah satu tugas humas adalah mengadakan komunikasi yang persuasif dan informatif. “

Komunikasi yang persuasif dan informatif dapat dilakukan salah satunya melalui brosur, surat atau buletin. Di mana media dapat mengirim pesan ke lebih banyak orang dalam waktu singkat. Buletin adalah publikasi berkala yang dengan periode tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan berkala ini merupakan salah satu media informasi yang efektif.

  1. Buletin Forum
    Bulletin board merupakan suatu tempat di mana orang-orang dapat meninggalkan pesan-pesan kepada publik. Ini bisasanya di gunakan untuk mengiklankan barang-barang yang ingin di beli atau di jual, mengumumkan acara-acara yang akan di selenggarakan atau menyediakan informasi. Dalam istilah komputer, bulletin boards seringkali di kenal sebagaia buletin boards systems. Aplikasi ini sudh menjadi populer brtahun-tahun. Istilah bulletin boards systems seringkali di kenal sebagai internet forum.
  2. Bulletin Board System (BBS)
    Bulletin board system (BBS) adalah suatu sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna-pengguan untuk memutar nomor ke sistem melalaui saluran telepom dan menggunakn terminal progam untuk melakukan fungsi-fumgsi seperti mengunduh perangkat luanak data, mengunduh data memainkan game, membaca berita-berita dan saling bertukar pesan dengan pengguna-pengguan lainnya.
Baca Juga :  Perang Ambarawa – Latar Belakang, Monumen, Tokoh Dan Dampaknya

Jenis-Jenis Buletin

1. Bulletin board
Bulletin board adalah tempat di mana orang dapat meninggalkan pesan kepada publik. Biasanya digunakan untuk mengiklankan barang yang ingin Anda beli atau jual, untuk mengumumkan acara, untuk menyimpan atau memberikan informasi. Berkenaan dengan komputer, papan buletin sering disebut sebagai sistem papan buletin. Aplikasi ini telah menjadi populer selama bertahun-tahun. Istilah sistem papan buletin sering disebut sebagai forum internet.

2. Bulletin Board System (BBS)
Bulletin Board System (BBS) adalah sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk memanggil nomor ke sistem melalui saluran telepom dan yang dapat digunakan untuk melakukan permainan seperti mengunduh perangkat lunak data dan mengunduh data saat di telepon, bermain game, pesan membaca dan bertukar pesan dengan pengguna lain.

Demikian info kali ini tentang Buletin – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri, Hubungan Buletin dan Komunikasi dan Fungsi. semoga apa yang dijabarkan dibawah ini dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.