6 Amalan 10 Hari terakhir Ramadhan

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah berjalan lebih dari dua minggu, dan akhir dari ibadah puasa di tahunini akan segera tiba. Namun ini bukan berarti Anda kehilangan kesempatan untuk mengumpulkan pahala. Setidaknya terdapat 6 amalan 10 hari terakhir Ramadhan, yang bisa membantu Anda memaksimalkan nilai ibadah yang dilakukan.

Nah untuk mengetahui apa saja amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang bisa dilakukan untuk memperbanyak ibadah dan menjauhkan diri dari api neraka, berikut daftar singkatnya untuk Anda.

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Berikut ini ada beberapa amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang bisa Anda kerjakan semaksimal mungkin sebelum bulan suci ini meninggalkan Anda.

  1. Memperbanyak Sedekah

Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini, Anda dianjurkan untuk memperbanyak sedekah yang bisa dilakukan. Semakin banyak sedekah yang dilakukan, maka semakin banyak pula berkah dan pahala yang didapatkan.

  1. Mencukupi Kebutuhan Keluarga

Tidak selalu berarti berbelanja pakaian dan segala rupa yang bisa menjadi persiapan menyambut hari kemenangan, Anda bisa melakukan hal ini dengan membawakan makanan untuk berbuka puasa. Belanja perlengkapan menyambut lebaran juga akan terhitung sebagai amalan yang baik, selama didasari dengan niat ikhlas dan mencukupkan semua yang dibutuhkan keluarga Anda. Ini menjadi salah satu amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang bisa Anda kerjakan.

  1. Berbuat Baik pada Tetangga
Baca Juga :  Ibadah – Hakikat, Tujuan, Prinsip, Jenis dan Ruang Lingkup 

Berbuat baik pada orang-orang disekitar Anda, kerabat, teman dekat, hingga tetangga, bisa menjadi amalan selanjutnya yang akan dihitung berlipat ganda pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Lakukan dengan ikhlas, sehingga berkahnya bisa kembali pada Anda.

  1. Memperpanjang Ibadah Malam

Nabi Muhammad SAW mencontohkan, untuk menghidupkan malam-malan di 10 hari terakhir, beliau dan para sahabat membiasakan diri untuk sholat, dzikir, dan melakukan ibadah lain hingga fajar. Akan sangat lebih baik jika Anda memperbanyak ibadah malam bersama dengan keluarga.

  1. Iktikaf

Iktikaf adalah salah satu amalan 10 hari terakhir Ramadhan. Iktikaf adalah kegiatan berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah. Namun berdasarkan edaran terbaru dair Kemenag, I’tikaf bisa dilangsungkan di rumah karena masih mengutamakan protokol kesehatan selama pandemi. Akan baik jika bisa ditemukan masjid dengan kondisi dan situasi mendukung untuk I’tikaf, namun tidak masalah jika Anda melakukannya di rumah selama didasari dengan niat yang ikhlas.

  1. Tilawah Al-Qur’an

Mengkhatamkan Al-Qur’an menjadi amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang juga tidak boleh dilewatkan. Bagi banyak umat muslim, amalan ini juga membawa kepuasan tersendiri, terlebih jika bisa dilakukan di dalam masjid.

Demikian info terkait 6 amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan berkah yang diperoleh. Semoga menjadi bacaan yang berguna, dan selamat menikmati ibadah puasa. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga :  Metamorfosis - Pengertian dan Contoh Hewannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.