7 Cara Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

Beberapa orang seringkali merasakan badan lemas dan mengantuk ketika puasa. Ada juga yang mengalami penurunan gula darah, perubahan pola tidur, dan sakit kepala selama puasa. Hal ini wajar karena selama puasa, kebiasaan pola makan berubah.

Menurut ahli kesehatan lemas dan ngantuk ini bisa dihindari atau dikendalikan. Di mana ada beberapa cara agar puasa tidak lemas dan juga mengantuk. Badan lemas biasanya terjadi setelah berbuka puasa. Penyebab badan lemas setelah berbuka puasa disebabkan karena makan berlebihan dan banyak mengonsumsi MSG. penyebab lemas setelah berbuka puasa karena memiliki penyakit seperti kadar gula darah rendah (hipoglikemia), radang lambung (gastritis), dehidrasi, stress, dan tekanan darah rendah. Berikut dibawah ini akan kami jelaskan tentang 7 Cara Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk .

Penyebab di atas bisa dihindari supaya tubuh tidak lemas setelah berbuka puasa. Anda bisa memeriksa kadar gula darah, kadar elektrolit, dan tekanan darah. Selain itu ada cara mengatasi badan lemas saat puasa. Cara ini dimulai dengan menghindari makanan dan minuman tertentu. Berikut tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk.

Cara Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

1. Hindari Konsumsi Makanan Manis dan Berlebihan

Buka puasa terasa nikmat ketika konsumsi makanan dan minuman manis. Ada berbagai minuman dingin menyegarkan untuk meredakan rasa haus, setelah seharian berpuasa.Contohnya makanan berbahan tepung dan minuman manis memakai gula tambahan.

Baca Juga :  MDGs – Pengertian, Makalah, Tujuan, Indonesia, Kesehatan

Berlebihan konsumsi makanan dan minuman tersebut membuat tubuh lemas setelah berbuka. Usahakan ketika berbuka puasa konsumsi makanan segar seperti sayur dan buah.

Tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk yaitu konsumsi makanan dalam jumlah kecil tiap 3 jam sekali. Misalnya ketika berbuka puasa, makan buah dan sayuran sesuai porsi. Kemudian dilanjutkan makan setelah shalat tarawih.

2. Minum Air Putih

Cara mengatasi badan lemas saat puasa yaitu konsumsi air putih. Cairan dalam tubuh perlu diisi untuk energi dan mencegah dehidrasi.

Anda bisa mencoba pola 2-4-2 dua gelas ketika berbuka puasa. minum 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas ketika sahur. Anda bsa konsumsi buah-buahan dan yogurt untuk menambah asupan cairan. Hindari konsumsi minuman bersoda, kafein, dan terlalu manis sebelum tidur.

Hal ini bisa menyebabkan sulit tidur sebelum sahur tiba.

3. Olahraga Ringan dan Meditasi

Cara agar puasa tidak lemas selanjutnya adalah dengan olahraga ringan sebelum berbuka puasa. Cara ini bisa mencegah badan agar tidak lemas dan mengantuk. Beberapa olahraga yang bisa mencoba seperti bersepeda, jalan kaki, dan meditasi.

Olahraga ringan juga bisa membantu mengatasi rasa bosan dan lapar. Aktivitas fisik ini bisa mengalihkan rasa lapar dan tidak menghabiskan banyak energi.

Selain olahraga dan meditasi, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti membaca buku, mandi, membersihkan rumah, dan mendengarkan podcast.

Baca Juga :  Contoh Visi dan Misi – Pengertian, Kriteria, Hakikat, Karakteristik dan Perumusan

4. Makan Cukup Protein

Selain cairan tubuh, selama puasa Anda butuh protein yang cukup. Selama puasa, Anda bisa mengurangi aktivitas yang membutuhkan banyak protein.

Penelitian menemukan konsumsi 30 % protein bisa mengurangi nafsu makan. Supaya tubuh tidak mudah mengantuk dan lemas, Anda bisa konsumsi makanan berprotein tinggi sesuai porsi. Konsumsi protein bermanfaat mengurangi rasa lapar ketika puasa.

5. Berhenti Puasa Ketika Tubuh Tidak Sehat

Beberapa orang mengalami perubahan ketika sedang sakit. Contohnya sakit kepala, demam, mual, muntah, dan lemas. Jika tubuh Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya berhenti puasa untuk memulihkan kesehatan tubuh.

6. Suplemen Makanan

Beberapa orang yang sedang puasa membutuhkan gizi lebih. Ketika berpuasa, Anda bisa konsumsi vitamin dan suplemen untuk mencegah tubuh lemas, ngantuk, dan sakit kepala. Suplemen mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Istirahat Cukup

Istirahat membantu tubuh untuk aktivitas dan energi sepanjang hari. Ada berbagai cara untuk menghindari lemas dan ngantuk dengan cara tidur dan bangun di waktu yang sama.

Berikut tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk:

  • Tidur terjadwal
  • Menghindari makan dua jam sebelum tidur. Hal ini menyebabkan gas dalam perut mencerna makanan dan membuat terjaga
  • Hindari konsumsi rokok dan minuman kafein sebelum tidur

Demikian info kali ini terkait 7 Cara Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk. semoga bermanfaat bagi yang menjalankan ibadah puasa khusunya yang berpuasa sambil kerja. tetap semangat, jaga imun dan iman. Terima kasih atas kunjungannya

Baca Juga :  Anatomi Otak - Pengertian, Bagian-bagian, fungsi, Cara kerja, Perkembangan dan Penyakit otak manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.