7 Cara Cepat dan Mudah menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

Bau mulut saat puasa memang cenderung membuat kita merasa tak nyaman. Apalagi jika pekerjaan menuntut Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang. Tidak makan dan minum selama berjam-jam menyebabkan mulut kering, yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Namun jangan khawatir, untuk menjaga rasa percaya diri Anda selama bulan puasa Ramadan, temukan di sini 7 Cara Cepat dan Mudah menghilangkan bau Mulut saat Berpuasa berikut cara-cara agar mulut tidak bau saat puasa.

Apa sebenarnya penyebab bau mulut saat puasa?

Ketika berpuasa, tidak adanya asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut menyebabkan berkurangnya produksi ar liur. Sementara air liur yang secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami. Untuk bahasan lebih jauh, Anda dapat membaca artikel penyebab-penyebab bau mulut dan cara mengatasinya .

Menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cepat

Untuk hasil yang cepat, Anda dapat mencoba beberapa cara agar tidak bau mulut saat puasa di bawah ini:

1. Sikat gigi.

Menyikat gigi adalah langkah paling dasar dari cara agar tidak bau mulut saat puasa. Setelah sahur, sikat gigi secara menyeluruh dengan Teknik yang benar untuk mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi. Anda bisa menggunakan Pepsodent Siwak, pasta gigi mengandung siwak dikenal sebagai anti bakterial alami diperkuat dengan mint untuk segarkan nafas.

Baca Juga :  Pekembangbiakan Makhluk Hidup – Manusia, Hewan, Beserta Tumbuhan

2. Berkumur dengan mouthwash.

Mouthwash dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan menyegarkan napas Anda. Anda bisa menggunakan mouthwash tanpa alkohol seperti Pepsodent Herbal Natural Mouthwash dengan formulasi tanpa alkohol, efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut.
Bersihkan lidah.

3. Jangan lupakan lidah ketika menyikat gigi!

Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Bersihkan lidah Anda dengan alat pembersih lidah. Cukup gunakan air dan jagalah alat pembersih lidah Anda tetap higienis.

4. Menjaga kesehatan gusi

Bau mulut memang bisa terjadi ketika kebersihan gigi dan mulut tidak terjada. Tidak hanya area gigi, gusi yang bermasalah pun juga bisa menjadi penyebab masalah bau mulut. Hal ini karena adanya bakteri yang berkumpul pada dasar gigi sehingga menjadi bau.

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena masalah gusi ini pun bisa Anda lakukan dengan langsung berkonsultasi pada dokter gigi. Kondisi seperti gingivitis atau periodontitis ini memerlukan penanganan langsung.

5. Konsumsi jus buah

Selain air putih, Anda juga bisa memanfaatkan jus buah tertentu sebagai cara menghilangkan bau mulut saat buka puasa. Seperti jus nanas yang diklaim efektif untuk mengatasi kondisi ini.Walaupun belum ada penelitian secara spesifik, buah nanas mempunyai kandungan yang dapat mengatasi masalah peradangan dalam tubuh. Ditambah senyawa bromelain di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan masalah infeksi akibat bakteri.

Tidak hanya nanas, Anda juga bisa memanfaatkan jeruk sebagai minuman di sela-sela waktu buka puasa. Buah jeruk tergolong baik untuk menambah kebersihan gigi. Ditambah dengan kemampuan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi air liur sehingga membantu menghilangkan masalah bau mulut saat puasa.

Baca Juga :  Proses Metamorfosis Pada Nyamuk

6. Manfaatkan cuka apel atau soda kue

Jangan khawatir kalau Anda sedang kehabisan obat kumur. Coba untuk manfaatkan cuka apel atau soda kue sebagai cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Anda bisa melarutkan salah satunya, agar bisa dijadikan obat kumur alami.

Baking soda atau soda kue mempunyai kandungan natrium bikarbonat yang secara efektif membunuh bakteri di mulut. Sedangkan cuka apel mempunyai senyai asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Campurkan dua sendok makan dengan satu cangkir air hangat. Lalu, kumur selama 30 detik dan bersihkan mulut dengan air biasa.

7. Minum air putih yang cukup

Saat menjalani puasa, Anda tidak memungkinkan untuk menjaga asupan air mineral di siang hari. Walaupun salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah menjaga area mulut tetap lembap, jangan khawatir dulu.

Cara yang bisa dilakukan adalah tetap menjaga asupan air di waktu buka puasa sampai dengan sahur. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kemampuan.

Ketika asupan air mineral terjaga, maka produksi air liur pun tetap ada sehingga mencegah bakteri yang berkembang di dalam mulut.

Mencegah bau mulut saat puasa

Supaya seharian penuh mulut tetap terasa segar dan bersih, Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan bau mulut saat puasa. Ikuti langkahnya di bawah ini.

  • Hindari makanan beraroma menyengat ketika sahur, misalnya jengkol atau bawang bombai.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut tersisa banyak gula.
  • Cegah mulut jadi kering dengan banyak minum air ketika sahur dan berbuka. Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut.
  • Sebelum tidur, berkumurlah dengan air garam. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan ditelan. Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.
  • Isap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa. Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.
Baca Juga :  Logika – Pengertian, Ciri, Fungsi, Pembagian dan Jenis

Demikian info kali ini terkait 7 Cara Cepat dan Mudah menghilangkan bau Mulut saat Berpuasa. semoga bermanfaat dan tetap semngat. terima kasih banyak atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.