Ekspektasi – Pengertian dan Contohnya

Sederhananya, ekspektasi adalah harapan atau sesuatu yang diinginkan terjadi. Akan tetapi, tidak semua ekspektasi bisa menjadi kenyataan meski telah diupayakan dengan maksimal. Berikut ini penjelasan mengenai Ekspektasi – Pengertian dan Contohnya

Pengertian Ekspektasi

Ekspektasi adalah harapan besar yang dibebankan terhadap sesuatu yang dianggap akan memberikan dampak yang baik atau lebih baik. Kata “ekspektasi” diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu “expectation” dimana kata dasarnya ialah expect yang artinya mengharapkan/menduga/menyangka. Sehingga ekspektasi ialah keyakinan kuat bahwa sesuatu akan terjadi atau menjadi masalah dimasa mendatang.

Dan pada dasarnya ekspektasi ialah harapan atau sesuatu yang diinginkan terjadi. Namun tidak semua ekspektasi atau harapan dapat menjadi kenyataan meskipun sudah diupayakan semaksimal mungkin.

Pengertian Ekspektasi Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa itu ekspektasi maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut:

  • Menurut Fleming Dan Levie “1981”
    Ekspektasi ialah segenap keinginan, harapan dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku dan tindakan yang nyata.
  • Menurut Anderson Dan Chambers “1985”
    Ekspektasi ialah segala sesuatu yang diyakini konsumen tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk atau pelayanan tertentu.
  • Menurut Boeree
    Ekspektasi ialah harapan kesenangan yang tidak konstan yang timbul dari gagasan tentang sesuatu hal di masa depan.
  • Menurut Sutisna
    Ekspektasi ialah suatu kepercayaan atau keyakinan individual sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.
Baca Juga :  Hewan Avertebrata (Invertebrata) – Pengertian, Klasifikasi, Ciri, Contoh dan Sistem Ekskresi

Ekspektasi Produsen
Harapan produsen di masa yang akan datang menjadi bagian dari sebuah rencana produksinya. Sehingga jumlah barang yang akan diproduksi dan kemudian ditawarkan akan dipengaruhi oleh harapan para produsen dimasa yang akan datang. Pada hal ini, harapan akan menjadi prediksi perekonomian pada masa akan datang.
Jadi produsen memperkirakan harga barang dan jasa akan turun dikemudian hari, cotohnya di akhir tahun, dengan sendirinya para produsen akan mengurangi produksinya hingga mengurangi penawaran. Dan saat para produsen menilai bahwa kondisi perekonomian akan membaik dikemudian hari, maka para produsen akan memproduksi barang atau jasa dengan lebih banyak.

Contoh Ekspektasi

Di dalam kehidupan manusia pasti memiliki ekspektasi atau harapan atas sesuatu di dalam hidupnya sesuai dengan keinginan dan tindakan nyata yang dilakukannya, adapun beberapa contoh ekspektasi ialah sebagai berikut:

Ekspektasi Di Bidang Ekonomi
Ekspektasi ekonomi ialah suatu harapan maupun prediksi mengenai perkembangan perekonomian pada periode waktu yang akan datang. Ekspektasi ekonomi tersebut dapat meliputi berbagai hal seperti inflasi, jumlah pengangguran, pertumbuhan produktivitas dan neraca perdagangan.

Contoh:
Pemerintah Indonesia memiliki ekspektasi pertumbuhan ekonomi Indonesia ditahun 2018 akan berada di angka 6%, namun pada kenyataannya ekspektasi tersebut tidak terealiasi karena adanya berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Ekspektasi ekonomi tidak selalu sesuai dengan harapan atau prediksi. Pertumbuhan ekonomi bisa saja dibawah harapan atau mungkin jauh lebih baik dari yang diprediksikan.

Baca Juga :  Plastida – Pengertian, Fungsi, Struktur, Jenis, Peranan dan Gambar

Ekspektasi Di Dunia Kerja
Ekspektasi di dunia kerja dialami oleh perusahaan dan juga karyawan, ekspektasi kedua pihak ini “perusahaan dan karyawan” seringkali tidak sesuai dengan kenyataan.

Dari sisi perusahaan memiliki ekspektasi untuk mendapatkan karyawan yang mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan dengan gaji murah. Sedangkan dari sisi karyawan memiliki ekspektasi gaji tinggi dan fasilitas yang membuatnya merasa nyaman dengan pekerjaan mudah.

Contoh:
Perusahaan membuat iklan lowongan kerja posisi manajer dengan kualifikasi tinggi. Dengan gaji Ep 7 juta perbulan, perusahaan mengharapkan karyawan yang bisa membawahi beberapa divisi.

Sebagian besar yang melamar pekerjaan tersebut ternyata memiliki ekspektasi gaji Rp 10 juta per bulan untuk posisi tersebut. Apalagi dengan kualifikasi dan tanggung jawab yang cukup tinggi.
Dan untuk mendapatkan manajer yang dibutuhkan maka perusahaan memiliki dua opsi, menurunkan ekspektasinya atau menaikkan gaji sesuai ekspektasi pelamar.

Ekspektasi Dalam Hubungan Manusia
Dalam hubungan antar manusia, seringkali masing-masing individu memiliki ekspektasi terhadap individu lainnya. Seseorang dapat melakukan apapun untuk mewujudkan keinginannya, namun seringkali yang terjadi tidak sesuai ekpektasinya.

Contoh:
Seorang pria berusaha mendekati gadis idamannya dengan berbagai cara, menurut pria tersebut semua upaya yang dilakukannya pada akhirnya akan membuat gadis idamannya luluh.

Pada kenyataannya si gadis justru merasa terganggu dan berusaha menghindarinya, pada contoh kasus ini menunjukkan bahwa ekspektasi tidak selalu sesuai denga realita.

Baca Juga :  Pembangunan Ekonomi – Pengertian, Teori, Faktor Yang Mempengaruhi, Tujuan, Perbedaan, Sumber Pembiayaan, Tolak Ukur, dan Dampak

Demikianlah pembahasan mengenai Ekspektasi – Pengertian dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.