Baliho – Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, Jenis-jenis dan Contoh Baliho

Selain papan iklan, terkadang orang dapat memberikan informasi melalui pamflet, brosur, buletin, majalah, dan lainnya. Bentuk media promosi selain dari Billboard adalah perbedaan apakah atau tidaknya lokasi tetap dari Billboard, jika tempat (dalam bentuk konstruksi) bersifat sementara atau semi permanen, maka Billboard itu disebut billboard, bahannya adalah biasanya kayu, logam, kain, fiberglass dan sebagainya, isinya adalah acara jangka pendek, kegiatan insidentil. Untuk itu kita akan membahas tentang apa sih itu BALIHO? ditinjau dari Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, Jenis-jenis dan Contoh Baliho

Pengertian Baliho

Baliho berasal dari bahasa arab yang artinya menyampaikan, apa yang disampaikan disana ialah pesan yang tersirat, iklan, promosi atau pemberitahuan yang sifatnya untuk di ketahui khalayak umum.
Baliho adalah suatu sarana atau media berpromosi yang memiliki unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru.
Dikenalnya baliho adalah hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya mesin cetak digital yang semakin canggih. Selain baliho kadang masyarakat memberikan informasinya bisa melalui pamflet, brosure, bulletin, majalah dan yang lainnya.

Baliho adalah media yang bersifat luar ruangan (outdoor) dan dipasang tinggi sesuai dengan situasi penempatan baliho tersebut. Baliho biasanya dipasang di tempat terbuka yang banyak dilalui orang, di tempat strategis seperti jalan raya yang banyak dilalui kendaraan dan di jalur hijau jalan utama.
Baliho termasuk media luar ruangan yang bersifat temporer (tidak untuk jangka waktu lama). Baliho berisi informasi tentang event (expo, seminar, tournament, launching produk dan sebagainya).

Baca Juga :  Paragraf Analogi – Pengertian, Ciri, Sebab Akibat Dan Contohnya

Baliho adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru.

Ciri-Ciri Baliho

Adapun ciri-ciri baliho yang diantaranya yaitu:

  1. Mempromosikan suatu produk dan event
  2. Ukurannya besar
  3. Diletakkan di tempat khusus dipinggiran jalan
  4. Proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung mudah dan cepat.

Fungsi Dan Manfaat Baliho

Adapun fungsi dan manfaat baliho yang diantara yaitu:

  1. Menyampaikan materi iklan
  2. Sebagai media promosi yang mudah untuk dilakukan sebab biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar
  3. Dapat dilakukan secara instant atau promosi kontemporer
  4. Untuk menaikan penjualan atau market
  5. Dan untuk menaikan pamor atau popularitas si pengiklan
    Baliho bisa dibuat dalam berbagai ukuran, tergantung selera anda dan perhitungan markering anda, bagaimana mengatur suatu promosi iklan dengan biaya minim tetapi bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Untuk titik pemasangan pun harus dipikirkan secara matang, oleh karena itu konsultasi kepada penyedia jasa baliho sangatlah diperlukan.

Baliho dapat dibongkar pasang, adapun untuk memasang baliho memang gampang-gampang susah, karena terkadang dengan ukuran yang besar ini akan rentan diterpa oleh angin yang sehingga kita mesti berhati-hati dalam memaasang baliho, beda halnya dengan banner yang bisa dipasang dengan mudah, adapun alat-alat yang digunakan dalam memasang baliho yakni kayu dan logam serta kain dan fiber glass.

Baca Juga :  Euglenophyta - Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Bentuk dan Klasifikasi

Jenis-Jenis Baliho

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis baliho, terdiri atas:

  1. Reklame Sosial adalah reklame yang berisi info atau himbauan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan yang lebih baik.
  2. Reklame Komersial adalah reklame yang berisikan info produk untuk dilihat oleh masyarakat supaya tertarik dengan produk tersebut.
  3. Flexi Korea atau Flexi Cina ialah suatu kualitas bahan keduanya tidak jauh berbeda.
  4. Flexi Jerman yakni sebuah baliho dengan kualitas bahan yang lebih bagus dan harganya lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.
  5. Abadros ialah salah satu baliho dengan kualitas yang lebih bagus untuk baliho kategori indoor. Kelebihan dari bahan ini memiliki permukaan halus sehingga membuat hasil desainnya juga lebih fokus.
  6. Baliho Vertikal yakni sesuatu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter. Biasanya dibuat dengan bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan dipasang pada tiang.
  7. Baliho Horizontal merupakan sebuah baliho yang berukuran 3×4 meter. Baliho ini umumnya dibuat dengan bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.

Contoh Baliho

Berikut ini terdapat beberapa contoh baliho, terdiri atas:

1. Contoh Baliho Sekolah


2. Contoh Baliho Pendidikan


3. Contoh Baliho Dilarang Merokok


4. Contoh Baliho Rental Mobil dan Motor


5. Contoh Baliho Jaga Kebersihan

Baca Juga :  Pekembangbiakan Makhluk Hidup – Manusia, Hewan, Beserta Tumbuhan

Demikianlah pembahasan mengenai Baliho – Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, Jenis-jenis dan Contoh Baliho. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. semoga apa yang di bahas di atas dapat di manfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.