DOS – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelas-kelas dan Cara Penanggulangan

Kenapa dalam sebuah komputer membutuhkan sistem operasi? Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menjalankan sebuah komputer yang kita miliki. Tanpa sebuah sistem operasi komputer yang kita miliki tidak akan dapat ‘berbuat apa-apa’ atau sama juga merupakan benda mati yang tidak berguna. Sistem operasi mengatur segala sesuatu yang ada di dalam komputer, termasuk semua hardware yang ada, memori, harddisk dan lain-lainnya sehingga mereka dapat berkerja sama melakukan tugasnya. untuk itu dibawa ini penjelasan tentang DOS – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelas-kelas dan Cara Penanggulangan.

Pengertian DOS

Disk Operataing System atau DOS adalah suatu sistem operasi komputer yang memakai interface command – line dan sering digunakan oleh pengguna komputer pada tahun 1980-an. DOS merupakan suatu sistem operasi yang dipakai untuk mengelola semua sumber daya yang ada pada komputer.

Para penggunanya berinteraksi dengan DOS dengan cara memberikan perintah-perintah menggunakan keyboard komputer. Penggunanya harus mengetikan perintah dengan keybord, lalu perintah yang diberikan akan diterjemahkan oleh sistem DOS sesuai dengan fungsi perintah tersebut.

Perintah yang ada pada DOS misalnya seperti nama file program yang ber-extension atau berakhiran .bat, .exe dan lain-lain. Selain mengetikan nama-nama file dari program perintah DOS juga biasanya digabungkan dengan berbagai macam prameter yang dimana penulisan prameter tersebut setelah nama file program, jadi dapat disimpulkan bawah DOS merupakan suatu sistem operasi yang berguna untuk mengelola sistem komputer.

Sejarah DOS

IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS; di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan “IBM PC-DOS” (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti program-programnya atau utilitas yang disertakannya.
Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2.

Microsoft, ketika melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM, dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, dan lainnya).

Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS-nya, tapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya sehingga para perusahaan lain harus menggunakan nama MS-DOS, bukannya nama yang telah dikustomisasi sebelumnya. Hanya IBM yang diberikan keleluasaan untuk terus menggunakan nama IBM PC-DOS, bukannya MS-DOS.

Baca Juga :  Keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadhan

MS-DOS pun berkembang cukup cepat, dengan fitur-fitur signifikan yang diambil dari beberapa sistem operasi lainnya seperti Microsoft Xenix–salah satu varian sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh Microsoft dan DR-DOS milik Digital Research, serta produk-produk utilitas lainnya seperti NortonUtilities dari Symantec Corporation (produk yang diadopsi seperti Microsoft Disk Defragmenter), PC-Tools dari Central Points (produk yang diadopsi seperti Microsoft Anti-Virus), manajer memori diperluas atau EMM (Expanded Memory Manager) QEMM dari Quarterdeck (produk yang diadopsi seperti EMM386), kompresi disk (disk compression) DriveSpace dari Stac Electronics, dan masih banyak produk yang diadopsi lainnya.

Ketika Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor baru yang disebut dengan Intel 80286, Microsoft dan IBM memulai proyek sistem operasi baru pengganti DOS yang disebut denganOS/2, yang pada dasarnya adalah versi MS-DOS yang berjalan dalam modus terproteksi (protected mode). Tapi, Microsoft meninggalkan proyek OS/2 tersebut untuk memfokuskan diri pada pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NT.

Digital Research membuat sebuah antarmuka grafis yang disebut dengan GEM, tapi sangat kurang populer pada komputer IBM PC atau kompatibel. GEM ternyata mendapat pasarnya pada mesin komputer ATARI ST, tapi akhirnya disalip lagi oleh Microsoft dengan versi Windows 3.0.

DOS (Disk Operating System) adalah Sistem operasi yang digunakan pertama kali dan masih digunakan hingga saat ini. Penggunaan DOS ini sangat penting bagi perkembangan sistem operasi, karena DOS merupakan cikal bakalnya sistem operasi.

Fungsi DOS ( Disk Operating System )

Adapun beberapa fungsi dari DOS yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Untuk mengendalikan atau men-organisasikan kegiatan komputer.
  • Untuk mengatur proses-proses input dan ouput data pada komputer.
  • Untuk mengatur memori komputer.
  • Untuk menagement file dan juga directory.
  • Dan masih banyak lagi fungsi dari DOS yang masih digunakan sampai sekarang ini, yang salah satunya dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada perangkat keras komputer.

Kelas-Kelas DOS ( Disk Operating System )

Adapun keluarga dari DOS yang diantaranya terbagi menjadi beberapa macam kelas yaitu:

  • Microsoft Disk Operating System atau di singkat dengan MS-DOS yang diantaranya Compaq DOS, Tandy DOS,
  • Quick and Dirty Operating System “Q-DOS” dan lain-lain yang termasuk dalam sistem operasi MS-DOS dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
  • IBM PC-DOS atau International Business machine Personal Computer Disk Operating System, meskipun masih buatan Microsoft tapi telah diubah sedikit supaya bisa digunakan oleh komputer buatan IBM.
  • Digital Research Disk Operating System atau disingkat dengan DR-DOS dibuat oleh yang membuat sistem operasi CP/M yaitu Gary Kildall.
  • Novell Personal Netware yaitu versi DR-DOS “Digital Research Disk Operating System” yang dijula kepad
  • Novell, sebab perusahaan yang menaungi CP/M gulung tikar atau mengalami kebangkrutan, jadi Novell men-akuisisi Digital Research Incorporated.
  • Caldera DOS, yakni versi dari Novell Personal Netwere yang dijual kepada Caldera Corporation.
  • Free Dos dikembangkan oleh komunitas open source, versi dari DOS ini dibangun berasal dari sisa-sisa perkembangan Caldera DOS.
  • Sistem Operasi DOS Yang Beredar Di Pasaran
    Adapun DOS yang beredar di pasaran sangat bermacam-macam diantaranya seperti berikut ini:
Baca Juga :  Akuntansi – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Peran

PC atau Personal Computer DOS.
MS-DOS.
Macintosh DOS.
Apple DOS.
Linux dan lain-lain.
Istilah yang Erat Hubungannya dengan DOS
Perintah MS-DOS diketikkan dalam sebuah jendela yang disebut Command Prompt Window. Untuk keluar dari MS-DOS, ketik exit dalam jendela tersebut yaitu pada kursor yang berkedip-kedip.

Untuk membuka jendela Command Prompt, klik Start, pilih All Programs, pilih Accessories, dan kemudian klik Command Prompt.

MS-DOS Mode
adalah sebuah shell dimana lingkungan MS-DOS di-emulasikan dalam Sistem Operasi 32-bit, seperti Windows. Program berbasis MS-DOS dapat berjalan di Windows dan biasanya ia membuat sebuah file yang disebut Program Information File (PIF) yang muncul sebagai shortcut di desktop anda.

COMMAND.COM
adalah salah satu berkas penting dalam sistem operasi MS-DOS dan segala turunannya yang bertindak sebagai shell dan antarmuka dengan pengguna. COMMAND.COM ini menyajikan prompt input kesiapan penggunaan komputer, yang disebut sebagai Command Prompt. Di dalam COMMAND.COM terdapat beberapa fungsi/perintah dasar (perintah internal) dalam mengoperasikan komputer, seperti MKDIR/MD, COPY, dan beberapa perintah lainnya. Tanpa berkas ini, sistem operasi DOS tidak akan berjalan, karena ia tidak dapat menemukan cara bagaimana ia dapat berkomunikasi dengan pengguna

Prompt
adalah sebutan bagi tanda kesiapan sistem operasi berbasis antarmuka baris perintah untuk penerima perintah dari pengguna. Dalam sistem operasi MS-DOS dan Windows, tanda prompt umumnya seperti C:\>. Dalam sistem operasi UNIX, jenis prompt yang ditampilkan tergantung dari jenis shell yang digunakannya, dan jenis privilese yang dimiliki oleh pengguna, yang dapat berupa# atau $.

Direktori
Sebuah direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya. Batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada.

Baca Juga :  Insecta ( Serangga ) Beserta Ciri, Klasifikasi Dan Peranannya

Sebuah direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent directory dari direktori-direktori tersebut, dan setiap direktori yang dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori.

Cara Penanggulangan Serangan DOS

Berikut ini terdapat beberapa cara penganggulangan serangan dos, terdiri atas:

  • Ping of death umumnya tidak terlalu berpengaruh pada sistem saat ini, namun ada baiknya selalu mengupdate patch guna menutupi celah-celah keamanan yang ada pada sistem operasi.
  • Gunakanlah firewall yang dapat mengatasi masalah serangan ini, aturlah kebijakan firewall untuk tidak meneruskan paket data yang tidak diketahui dengan jelas asalnya. Cara lain adalah dengan memperbesar jumlah maksimum koneksi syn yang dapat berlangsung ke server.
  • Bila anda pemilik server yang dijadikan zombie, tersedia banyak aplikasi atau software untuk mendeteksi tools trinoo ini. Waspadai aktivitas yang janggal diserver anda dan lakukan pengecekan secara berkala. Walaupun pada prokteknya sangat sulit untuk mendeteksi serangan ini, pengaturan dan kombinasi firewall dan ids mungkin dapat cukup membantu. Dan tentunya dengan kebijakan atau policy yang tepat. Lakukan blocking ip address dan port bila anda terkena serangan dan laporkan kepada pemilik server yang menjadi zombie.
  • Dapat dilakukan dengan menolak paket data yang datang dari luar jaringan, dan mematikan semua service
  • UDP yang masuk. Walaupun dengan cara ini dapat mematikan beberapa aplikasi yang menggunakan protok UDP. Namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi serangan ini.
  • Smurf dapat diatasi dengan mendisable broadcast addressing di router, kecuali bila kita benar- benar membutuhkannya. Cara lainnya adalah dengan melakukan filtering pada permintaan ICMO echo pada firewall.
  • Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi trafik ICMP agar persentasenya kecil dari keseluruhan trafik yang terjadi pada jaringan.

Demikianlah pembahasan mengenai DOS – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelas-kelas dan Cara Penanggulangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.