Download dan Upload – Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Misal kecilnya saja yang paling sering kita lakukan ialah upload foto di jejaring sosial facebook dll, atau juga sering mencari lagu mp3 di Internet. Nah postingan kali ini hanya sekedar informasi pembelajaran saja mengenai bagaimana upload dan download bagi yang belum memahami dan mengerti dalam dunia internet. Nah untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya tentang Download dan Upload – Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contoh dibawah ini.

Pengertian Download

Download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user/pengguna yang melakukan proses download “unduh” yaitu proses dimana seorang user meminta atau merequest sebuah file dari sebuah komputer lain.

Contohnya: web site, server atau yang sebagainya dan lalu menerimanya. Dengan kata lain, download ialah transmisi file dari internet ke komputer client/pengguna dapat dikatakan juga proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi.

Fungsi Download

Download tersebut mengunduh atau pun disebut dengan memungut data dari internet entah tersebut berupa file, dokument apikasi game atau beda sebainya andai mengambil dari internet adalah download lawanya download tersebut upload yaitu menyimpan atau mengunggah file ke internet.
Berikut ini adalah proses download musik, antara lain:

  • Buka situs gudanglagu.com, lalu pilih judul lagu yang anda suka dengan mengeklik judul lagunya.
  • Klik Download via Rapidshare atau 4shared agar proses yang dilakukan lebih cepat.
  • Anda perlu menunggu sekitar 8 detik untuk mendownloadnya.
  • Tidak lama berselang, muncul tampilan konfirmasi untuk memilih membuka file download atau menyimpannya di komputer.
  • Halaman berikutnya merupakan halaman visualisasi kemajuan download.
  • Tidak lama berselang (jika komputer anda memiliki koneksi internet cepat) file pun terdownload dan anda bisa membukanya.

Jenis-Jenis Software Download

Berikut ini adalah jenis-jenis software download, antara lain:

Adalah aplikasi downloader premium yang sudah akan terbukti bisa menstabilkan proses download yang sedang dilangsungkan pada suatu perlengkapan komputer.maka dari itu, Salah satu keunggulan IDM dikomparasikan dengan downloader yang lainnya ialah fitur pendownload video dari website yang populer Youtube.

Adalah aplikasi downloader eksklusif yang melulu dapat dipakai untuk mendownload file-file berekstensi torrent. Jika igin dikomparasikan dengan downloader lainnya, BitTorrent ingin jauh lebih aman/bagus dari segi kemungkinan yang bakal terjadinya kehancuran data. oleh karena itu, proses pengunduhan dengan akan memakai software BitTorrent yang seringkali cenderung jauh lebih lama dikomparasikan dengan proses pengunduhan dengan aplikasi downloader yang lainnya.

Adalah aplikasi downloader yang sangat serupa dengan adanya sistem kerja Internet Download Manager. Bedanya aplikasi Orbit Downloader ini bakal memiliki keunggulan berupa kestabilan download atau pun dapat didownload secara gratis.

Pengertian Upload

Upload ialah sering dikatakan juga dengan Unggah yaitu merupakan suatu cara untuk mengirimkan File contohnya seperti gambar, program, musik, dokumen pdf, dan lain-lain. Dari komputer pribadi ke sebuah sistem server dan file atau data akan di publikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dari diambil “download” oleh orang lain atau orang banyak.

Atau definisi upload yang lainnya ialah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer pribadi ke sistem komputer yang lainnya “server” dengan arah yang berkebalikan dengan download.

Dari jaringan internet, user yang melakukan proses upload yaitu proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang meminta file. Singkatnya proses transmisi atau pengiriman file ataupun data, dari komputer pribadi ke jaringan internet.

Tujuan dan Manfaat Upload

Tujuan upload yang dilakukan oleh banyak pengguna internet dengan harapan supaya data yang dimilikinya dapat digunakan/dipakai oleh orang lain yang membutuhkan ataupun hanya untuk sekedar pembelajaran saja.

Dan mungkin sering kali kita melakukan proses men-download dan men-upload file atau data. Akan tetapi tidak sedikit dari kita yang kurang mengerti apa itu yang dimaksud dengan download dan upload.

Contoh Upload

Prosedur guna upload file ke youtube ialah sebagai berikut:

  • Buka website Youtube di pojok kanan atas klik tombol sign in/masuk
  • Masukkan akun youtube, atau google account (user name dan password) Kemudian klik Sign in.
  • Setelah login ke account youtube anda, maka kamu bisa mengawali upload video ke youtube.
  • Di unsur atas halaman atau sebelah kanan mesin pencari (mesin pencari), klik Upload.
  • Pilih file di komputer yang bakal di upload, Klik Open/ok
  • Tunggu sampai proses upload berlalu (sukses). Anda dapat menambahkan Deskripsi mengenai video, dan tag untuk mempermudah search engine mengenali isi atau tema video anda. Pilih Category yang cocok dengan tema file video youtube, klik save change.
  • Untuk menemukan link file video youtube anda, maka klik “Embed and Sharing Options”
  • Gunakan URL guna mempromosikan video youtube anda, bisa kamu pasang di blog atau di stus lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Download dan Upload – Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contoh. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga :  6 Amalan 10 Hari terakhir Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.