Gelombang Radio – Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Kerja, dan Pemancaran

Gelombang Radio – Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Kerja, dan Pemancaran – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Gelombang Radio yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, manfaat, jenis dan cara kerja, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


Pengertian Gelombang Radio

Gelombang Radio adalah bagian dari gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi paling rendah. Frekuensi adalah jumlah getaran gelombang setiap detik. Frekuensi sinyal radio berkisar 1 hertz (getar/detik) sampai 100 miliar hertz (100 giga hertz).

Pita untuk siaran radio bervariasi dari 100.000 hertz (100 kilohertz) sampai sedikit di atas 100 juta hertz (100 mega hertz). Frekuensi sinyal radio yang dipakai untuk TV berkisar antara 54 dan 890 megahertz.

Tidak semua sinyal radio dipantulkan kembali oleh lapisan ionesfer dari atmosfer bumi. Hanya gelombang pendek (Short Wave/SW) yaitu sinyal berfrekuensi antara 2 dan 30 megahertz yang dipantulkan. Siaran SW dibagi atas SW1, SW2, SW3, SW4 dimanfaatkan untuk siaran jarak jauh.

Ada 2 macam pengiriman sinyal program radio pada pendengar, yaitu Amplitudo Modulasi (AM) dan Frekuensi Modulasi (FM).

Pada AM, jumlah getaran tetap, tetapi amplitudo gelombang berubah seiring dengan suara sumber.
Pada siaran FM yang berubah adalah getarannya, amplitudonya tetap. FM menghasilkan kualitas suara lebih baik dan hampir tidak mengalami tumpukan yang sering diderita siaran AM.

Gelombang FM berfrekuensi antara 80 dan 108 megahertz, sedangkan Medium Wave (MW) untuk lokal berfrekuensi antara 500 dan 1.600 kilohertz, ada siaran Low Wave (LW) berfrekuensi rendah, 150 – 280 kilohertz.

Manfaat Gelombang Radio

menurut maxwell, GEM terjadi karena ada rabatan gel. medan magnet dan gel. medan listrik merambat saling teagak lurus.

Spektrum GEM, terdiri dari :

  • gelombang Radio
  • gelombang Mikro
  • gelombang Infra merah
  • gelombang Cahaya Tampak
  • gelombang Ultra merah
  • gelombang sinar -X
  • gelombang Gamma
Baca Juga :  Subnetting – Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

gampang diingat yaitu RA MI IN CA UL X GAMMA
Sangat besar manfaat GEM bagi kehidupan manusia, antara lain:

Manfaat GELOMBANG RADIO

Dapat dimanfaatkan sebagai gelombang radio, untuk komunikasi.

GELOMBANG MIKRO
Gelombang mikro, karena energinya yang besar, dan kemampuan menyerap air sangat cepat, bila mengenai suatu benda jadi “EMPUK”, maka dapat dibuat mikrowave oven untuk membuat kue.
Gelombang mikro juga dimanfaatkan sebagai RADAR (DETECTION AND RANGING). RADAR dapat digunakan untuk mengukura jarak pesawat dari bandara atau juga mengukur kedalaman laut. Jika jaman dahulu kala, laut diukur dengan batu yang diikat tali, tetapi sekarang cukup dengan gelombang mikro kita dapat mengukur kedalam laut.

Cara mengukur jarak pesawat ke bandara dengan memanfaatkan gelombang mikro, dengan rumus:

GLB, S = c.t.

S = jarak pesawat

c = kecapatan GEM di udara

t = waktu yang diperlukan pulsa gel mikro saat dilepas hingga diterima kembali.

GELOMBANG INFRA MERAH
Dihasilkan dari sinar kosmik, dapat dimanfaatkan antara lain : untuk membantu penglihatan di kegelapan, misal dimanfaatkan pemadam kebakaran yang ternganggu asap untuk menolong korbannya dibantu sinar infra merah. Infra merah juga dimanfaatkan untuk remote.Di bidang kedokteran untuk pengobatan penyakit encok, terapi syaraf.

GELOMBANG Cahaya TAMPAK
Dihasilkan sinar matahari. dapat dimanfaatkan antara lain membantu fotosintesis, dapat dimanfatkan sebagai serat optik.

GELOMBANG ULTRA VIOLET
Dari matahari, dapat menghitamkan kulit, dapat membunuh kuman-kuman , serat dapat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Sinar X, punya kemampuan menembus daging tapi tidak menembus tulang, maka bisa digunakan untuk memfoto bagian dalam tubuh (biasa dikenal sebagai RONTGEN).

Cara Kerja Gelombang Radio

Gelombang radio merambat di udara bebas dengan kecepatan 300.000 km/detik. Getaran-getaran suara dalam percakapan telepon, atau getaran yang ditimbulkan oleh pengirim tanda-tanda telegraf atau facsimile diubah menjadi getaran-getaran listrik sepanjang penyalurannya.

Baca Juga :  Apakah tidur seharian dapat membatalkan puasa? - Hukum dan amalannya.

Sesaimpainya di tempat tujuan, getaran listrik itu diubah kembali menjadi getaran informasi yang dapat didengar dan dimengerti oleh si penerima berita, melalui pesawat telepon, pesawat teleks, facsimile atau monitor suatu penerima televisi.

Jenis-Jenis Gelombang Radio

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis gelombang radio, terdiri atas:

Gelombang panjang (long wave)
Gelombang jenis ini memiliki signal yang panjang sehingga mampu menjangkau range area yang sangat luas. Kerugian dari gelombang ini adalah memerlukan daya listrik yang sangat besar sehingga mahal dalam operasionalnya, karena jenis gelombangnya panjang dan lebar menyebabkan rentan terhadap gangguan (noise).

Gelombang pendek (short wave)
Gelombang yang menggunakan udara sebagai mediator. Jenis gelombang ini adalah SW (short wave). Keuntungan dari gelombang ini adalah mampu menjangkau wilayah (coverage area) yang luas. Banyak digunakan oleh pemancar internasional atau antar benua. Kerugian dari gelombang ini adalah banyak noise khususnya dari matahari, cuaca, udara, halilintar dsb. Suara manusia dapat didengar dengan baik tetapi pengguanaan sound effect kehilangan mutu kulitasnya (kabur).

Gelombang medium (medium wave)
Gelombang yang menggunakan permukaan bumi sebagai mediator. Secara umum kebanyakan gelombang yang dipakai oleh stasiun radio. Jenis yang dipakai oleh gelombang ini adalah AM (amplitudo modulation) dan FM (frequency modulation).

Keuntungan dari gelombang ini adalah permukaan bumi kurang dipengaruhi cuaca sehingga tidak terjadi noise. Mutu penyiaran lebih bagus dalam kualitas suara dan sound effect. Kerugian dari gelombang ini adalah tanah menyerap gelombang lebih cepat daripada udara yang menyebabkan jarak jangkauan siaran lebih sempit sehingga memerlukan booster.

Baca Juga :  Disintegrasi Sosial - Pengertian, Gejala, Bentuk-bentuk, Faktor dan Contohnya

Pemancaran Gelombang Radio

Berikut ini terdapat beberapa pemancaran gelombang radio, terdiri atas:

  1. Gelombang radio melalui kabel Merupakan cara mudah dalam memindahkan suara melalui radio, tetapi juga paling mahal. Prinsip pemancaran gelombang seperti ini umumnya digudakan di dalam gedung atau yang lebih dikenal sebagai in house radio (contoh kampus-kampus di Amerka atau inhouse radio di Matahari departement store) Keuntungannya dari gelombang ini adalah suara amat bagus, tidak ada gangguan Kerugian dari gelombang ini adalah membutuhkan biaya yang banyak karena diperlukan ribuan kabel.
  2. Gelombang radio melalui udara Pemancaran dengan cara ini biasanya menggunakan gelombang pendek. Mekanisme kerjanya adalah melemparkan gelombang suara dengan sudut tertentu ke langit-langit angkasa. Suara dalam bentuk gelombang itu selanjutnya dipantulkan dengan sudut yang sama ke permukaan bumi.
    Radio Steaming / Radio Online Radio Online adalah yang di pancarkan dengan menggunakan teknologi berbasis digital, yang di kirimkan melalui Media media pengirim data seperti Satelite dan jaringan kabel.Suara dan Musik dari station radio akan di konversi menjadi bilangan biner, yang membentuk kode-kode yang nantinya kode tersebut bisa di konversi kembali ke dalam bentuk suara yang bisa kita dengar.

Demikianlah pembahasan mengenai Gelombang Radio – Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Kerja, dan Pemancaran. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.