Manfaat Olahraga saat Puasa

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun saat puasa, seringnya olahraga menjadi kegiatan yang dihindari banyak orang. Untuk mendapatkan manfaat olahraga, seseorang harus berolahraga secara rutin.

Oleh karena itu, olahraga harus tetap dilaksanakan meski kita sedang berpuasa. Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kunjung Ashadi, membagikan sejumlah manfaat olahraga saat puasa. nah untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah penjelasan tentang manfaat olahraga saat berpuasa

Manfaat Olahraga saat Puasa

Manfaat olahraga saat puasa

Berikut ini beberapa manfaat olahraga saat puasa:

  1. Badan jadi lebih segar

Olahraga saat puasa bisa membuat badan lebih segar, meningkatkan suasana hati (mood) dan menjaga stabilitas emosi. Selain itu, olahraga rutin selama bulan puasa juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat hormon bekerja dengan maksimal.

“Tubuh mengeluarkan hormon endorfin, hormon pemicu kegembiraan atau bahagia. Makanya, setelah berolahraga tubuh kita terasa lebih fresh, plong, pikiran rileks, dan lebih nyaman,”

  1. Daya tahan tubuh terjaga

Kunjung menuturkan, perut kosong, tubuh lemas, ditambah beban kerja, membuat seseorang rentan stres. Beban pikiran maupun psikologis sangat berisiko terhadap menurunnya daya tahan tubuh. Dengan olahraga, maka kita dapat mengurangi beban pikiran dan masalah psikologis tersebut.

“Kalau lagi capek bekerja ditambah lapar dan haus, sebagian besar orang memang gampang stres. Ini bisa membuat daya tahan tubuh lemah dan jadi rentan terkena penyakit,” paparnya.

Baca Juga :  Ekonomi Deskriptif
  1. Meminimalisir penurunan fisik

Selama puasa, fisik pada umumnya mengalami penyusutan. Untuk mempertahankan massa otot ini, diperlukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin. “Dalam dunia olahraga ada istilah use it or lose it, artinya gunakan tubuh Anda atau Anda akan kehilangan tubuh Anda,” ucap Kunjung.

Ia mencontohkan, seseorang yang lama tidak jogging atau push up, badannya akan terasa kaku dan cepat kelelahan saat diminta melakukannya. Kondisi demikian, dipahami sebagai penurunan fisik dan fungsi fisik akibat jarang digunakan. “Untuk mengurangi risiko penurunan fisik, maka cara yang bisa dilakukan adalah use it, menggunakan tubuh melalui olahraga,” terang Kunjung.

  1. Lebih produktif

Kunjung memaparkan lebih lanjut, tubuh yang sehat dan bugar, ditambah suasana hati yang bagus dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. “Ketika puasa bawaannya mager. Kalau dituruti, pekerjaan dan pencapaian target bisa molor,” jelasnya.

Dengan berolahraga, Kunjung menyebut seseorang dapat mempersiapkan energi dan emosi yang stabil untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas tertentu.

“Sehat terasa sangat mahal ketika kita sakit. Yuk, mulai dan biasakan diri untuk berolahraga,” ajak Kunjung.

Pastikan aman berolahraga

saat puasa Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa tips berolahraga saat puasa agar tetap aman dan bisa merasakan manfaatnya.

  1. Berolahraga setelah berbuka puasa
    Jika dirasa tidak sanggup untuk berolahraga saat sedang berpuasa, berolahragalah seusai berbuka puasa. Olahraga usai berbuka akan memberi energi yang dibutuhkan, lantaran sudah ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  2. Lakukan olahraga berintensitas rendah
    Jika olahraga dilakukan dalam keadaan puasa, ingatlah untuk tetap berolahraga dengan intensitas rendah. Namun, jika olahraga dilakukan setelah berbuka puasa, umumnya aman untuk melakukan jenis olahraga apa pun. Baca juga: Ini Waktu dan Durasi Olahraga yang Tepat Saat Puasa Ramadhan
  3. Dengarkan apa yang dikatakan tubuh
    Dengarkan apa yang dikatakan tubuh dan jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan olahraga. Jika mulai merasa tidak enak badan selama berolahraga, segera hentikan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Cukupi asupan air
    Segera minum air putih saat waktu berbuka tiba. Sebab, sebagian besar tubuh manusia adalah air, dan sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang selama berolahraga.
Baca Juga :  Oogenesis – Pengertian, Proses dan Tahapan

Demikian info tentang Manfaat Olahraga saat Puasa. Semoga bermanfaat dan tetap semangat menjalani ibadah puasanya. terima kasih banyak atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.