Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung – Manfaat dan Cara menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa.

Pada pembahasan kali ini Lazuare.com akan membahas tentang Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung yang dimana akan dijelaskan melalui Manfaat dan Cara menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa. Berikut penjelasan singkatnya!

Puasa Ramadan adalah puasa yang dilakukan setiap tahun selama satu bulan lamanya. Ketika berpuasa, seseorang diwajibkan melakukannya dari subuh hingga senja. Hal-hal yang harus dijauhi adalah makanan atau air sepanjang hari, berhubungan intim, mengonsumsi obat-obatan, dan lain-lain.

Puasa adalah hal yang wajib bagi seseorang yang telah dewasa dan sehat. Selain itu, berpuasa juga dapat meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh. Berpuasa juga dapat meringankan penyakit ringan dan sedang, seperti diabetes yang tidak tergantung insulin, hipertensi esensial, menurunkan kadar gula darah, serta kolesterol.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung

Berpuasa memang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan pada lambung. Pada seseorang yang memiliki masalah, seperti asam lambung, cobalah untuk menggunakan puasa sebagai salah satu cara untuk memulihkannya. Puasa Ramadan adalah momen yang tepat untuk meringankan gangguan yang terjadi pada salah satu organ di perut tersebut. Berikut adalah manfaat puasa terhadap lambung :

  1. Menurunkan Sekresi Asam Lambung
    Berpuasa saat bulan Ramadan dapat menurunkan sekresi asam lambung pada tubuh. Jika asam pada lambung menurun, risiko cairan tersebut menyebabkan luka pada dinding lambung juga akan menurun. Hal tersebut akan memberi dampak baik terhadap seseorang yang mengidap asam lambung dan membuatnya lebih sehat.
  2. Mengurangi Gerakan pada Usus dan Lambung
    Saat seseorang berpuasa, usus dan lambung akan mengurangi keaktifannya, karena tidak ada makanan yang dapat diolah selama berpuasa. Semakin sedikit pergerakan yang terjadi pada usus dan lambung, maka gesekan yang menyebabkan luka juga semakin sedikit. Dengan begitu, lapisan lambung pun akan menjadi lebih sehat.
  3. Meredakan Stres
    Berpuasa juga dapat menurunkan stres. Hal tersebut terjadi karena perut yang kosong, sehingga hanya memikirkan rasa lapar dan haus. Stres adalah salah satu hal yang memicu munculnya asam lambung pada tubuh seseorang. Dengan berpuasa, asam lambung pun akan menjadi lebih terkontrol.
Baca Juga :  E-Government - Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Penerapan dan Solusi

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung Menurut Para Ahli:

“Selama puasa, asam lambung memang akan mengalami peningkatan. Namun, ini hanya terjadi selama 10 hari pertama, setelah itu kondisi keasaman lambung akan menurun, dan gejala mag pun lebih jarang terjadi,” ungkap dr. Sepriani.

“Puasa dan peningkatan fungsi lambung itu sebenarnya tidak terlalu berhubungan. Karena biasanya puasa itu lebih banyak efek negatifnya bagi lambung, apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit mag. Ini karena puasa selama lebih dari 12 jam bisa meningkatkan produksi asam lambung bagi penderita mag dan keluhannya meningkat,” ujar dr. Alvin Nursalim, SpPD.

“Puasa dapat memperbaiki komposisi bakteri baik di saluran cerna, sehingga bisa bermanfaat untuk beberapa keluhan gangguan cerna, seperti kondisi inflammatory bowel disease (IBD) atau penyakit radang usus (kolitis),” papar dr. Alvin.

Manfaat Puasa untuk Bagian Tubuh Lain

Puasa juga dapat memberi efek positif terhadap kesejahteraan mental kamu. Selain itu, puasa dapat meningkatkan otak, bahkan lebih signifikan daripada yang mungkin kamu pikirkan. Disebutkan juga, puasa dapat berdampak baik pada fokus mental.

Hal tersebut meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel otak, sehingga meningkatkan fungsi otak. Selain itu, pengurangan yang jelas dalam jumlah hormon kortisol, yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadan.

Baca Juga :  Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru – Pengertian dan Hakikatnya

Puasa juga dapat mengeluarkan zat-zat yang buruk pada tubuh atau detoksifikasi. Hal tersebut berdampak baik pada tubuh, karena membuat tubuh menjadi lebih bersih. Dengan kata lain, berpuasa dapat meningkatkan fungsi organ sekaligus meningkatkan sistem pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh.
Selain itu, kamu juga harus mengatur menu yang kamu konsumsi ketika berbuka. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika berbuka puasa adalah tidak makan secara berlebihan, menghindari kafein, dan cobalah untuk lebih memilih meminum air hangat ketika berbuka.

Cara Menjaga Lambung Tetap Sehat Selama Berpuasa

Manfaat puasa memang tak terbantahkan, tetapi jika punya mag Anda harus berhati-hati.

Penderita mag fungsional tetap bisa berpuasa karena ini membuatnya lebih dapat menjaga makanan dan jadi makan lebih teratur. Sedangkan pada penderita mag organik (mag akibat luka di saluran pencernaan), puasa mungkin perlu ditunda atau dibatalkan jika terjadi muntah darah atau nyeri perut berlebihan.

Untuk menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa, lakukan tips ini:

  1. Tidak melewatkan waktu sahur dan berbuka puasa.
  2. Konsumsi makanan sehat bergizi lengkap selama berpuasa.
  3. Buka puasa sebaiknya diawali dengan minum air putih lalu makanan manis. Sebaiknya makan besar dilakukan kurang lebih 1 jam kemudian setelah salat Magrib.
  4. Hindari makanan yang memperberat gejala sakit mag seperti makanan yang mengandung banyak gas. Contohnya sawi, kol, nangka, roti, serealia, dan pasta.
  5. Hindari makanan yang memperlambat pengosongan lambung karena bisa meningkatkan asam lambung. Contohnya cokelat, makanan berlemak, susu full-cream, dan keju.
  6. Hindari makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti makanan pedas dan makanan bercuka.
  7. Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti minuman beralkohol, kopi, sari buah sitrus, atau susu full-cream.
  8. Bagi penderita sakit mag, hindari berbuka puasa dengan karbohidrat olahan seperti roti, mi, dan kue kering.
  9. Hindari makan permen karet agar perut tidak mudah kembung.
Baca Juga :  Budget – Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Proses

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung yang dijelaskan melalui Manfaat dan Cara menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa. Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman yang berpuasa, Khususnya dibulan Ramadhan. Terimah Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.