Plakat – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bentuk, Contohnya

Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Plakat yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah dipahami. Mulai dari Pengertian, fungsi, jenis, bentuk dan contoh yang bisa dijadikan referensi untuk pengetahuan. Mari simak penjelasan dibawah ini sampai selesai agar dapat menambah pengetahuan kalian menjadi lebih luas.


Pengertian Plakat

Plakat merupakan jenis benda yang terbuat dari bahan dan biasanya digunakan sebagai souvenir atau hadiah yang diberikan kepada seseorang pada momen spesial tertentu.
Plakat adalah suatu karya seni atau desain grafis yang terdiri atas komposisi dalam bentuk gambar serta huruf diatas kertas dengan ukuran yang besar. Terdapat pula pengertian plakat lainnya yaitu sejenis benda yang terbuat dari bahan pilihan dan biasanya sering digunakan sebagai souvenir atau hadiah yang diberikan untuk orang lain pada momen spesial.
Plakat adalah sebuah catatan yang dipasang di tempat umum, seperti kartu kecil, rambu, atau plang.Plakat dapat dipajang atau digantung di sebuah kendaraan atau bangunan untuk memberikan informasi tentang operator kendaraan tersebut atau isi dari kendaraan atau bangunan tersebut. Plakat juga dapat merujuk kepada papan atau catatan yang dibawa oleh para pengunjuk rasa.

Fungsi Plakat

Untuk fungsi plakat antara lain dapat digunakan sebagai ucapan ulang tahun, ucapan pernikahan, ucapan terima kasih, piala penghargaan, trofi wisuda dan trofi perlombaan.

Baca Juga :  Kelapa – Pengertian, Ciri, Manfaat & Jenis Produk

Bahan yang Digunakan Digunakan Plakat
Umumnya plakat dapat dibuat menggunakan bahan seperti akrilik, kayu, mermer, fiber glass, dan kaca. Diperhatikan juga saat proses designnya, agar tercipta hasil design yang sesuai antara plakat dan acaranya.

Jenis dan Bentuk Plakat

Banyak sekali yang menjual piala maupun plakat yang menyediakan jasanya, tetapi sedikit dari mereka yang membuat desain unik pada model plakat yang dibutuhkan konsumen untuk perluan wisuda/even.
Plakat merupakan karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar/desain perlu kita ketahui artikel bertopik senib atau biografis seniman ini ialah sebuah rintisan, plakat ialah kebutuhan sehari-hari bagi yang akan mengadakan acara.

Plakat sendiri biasa dikenal dengan piala atau trofi ialah benda yang diberikan pada seseorang karena suatu pencapaian tertentu. Plakat sering digunakan untuk penghargaan suatu acara dengan dipersembahkannya plakat bisa untuk dikenang selama masih di pajang di tempat etalase atau meja kantor, bisa juga untuk hiasan sebagai koleksi plakat & trophy karena dihasilkan dengan prestasi yang baik.

Jenis dan bentuk plakat yang bisa dibentuk menyerupai dengan hewan dan patung sketsa manusia dan juga bisa di tambahkan dengan lempengan kuningan yang bisa di grafir di lempengannya.

Trophy bisa dibentuk dengan bentuk sesuai yang kita inginkan, seperti trophy weding/gambar manten perempuan dan lai-laki, trophy cup bahan dari timah putih mengapa pake timah putih?? karena timah bisa dibentuk model dan gambar sesuai yang kita inginkan. Trophy ialah suatu penghargaan yang sering diraih dikarenakan orang tersebut mendapatkan prestasi atau penghargaan bisa dari perusahaan atau pun dari intern, karena trophy bisa dibawa sangat mudah dan ditempatkan dalam box/bungkus yang rapih.

Baca Juga :  Menopause – Penyebab, Risiko, Jenis dan Faktor

Contoh Gambar Plakat

Berikut ini terdapat beberapa contoh gambar plakat, terdiri atas:

Plakat Kenang Kenangan

Plakat Piala

Plakat Aksesoris

Plakat Piagam Penghargaan

Plakat Ucapan Terima Kasih

Demikianlah pembahasan mengenai Plakat – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bentuk, Contohnya. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.