Sistem – Pengertian Menurut Para Ahli, Karaterisik Dan Cirinya

Sistem – Pengertian Menurut Para Ahli, Karaterisik Dan Cirinya – Sistem adalah jaringan prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama untuk menjalankan suatu kegiatan atau untuk mencapai tujuan tertentu. Adalah pendekatan sistem jaringan menekankan pekerjaan urutan prosedur operasi dalam sistem. Prosedur didefinisikan sebagai berikut Neuschel F. Ricard.

Prosedur adalah urutan operasi klerikal (menulis), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu atau lebih organisasi, yang diimplementasikan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi bisnis yang telah terjadi. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponen mendefinisikan sistem sebagai berikut. Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

  1. Menurut L. Ackof
    Sistem adalah satu kesatuan yang konseptual dan berdiri dari beberapa bagian dalam sebuah keadaan yang saling ketergantungan satu sama lainnya.
  2. Menurut John Mc. Manama
    Sistem ialah struktur yang terkonsep atau tersusun dari beberapa fungsi yang bekerja dan berkaitan untuk satu kesatuan untuk mencapai sebuah hasil yang di inginkan secara efektif dan efisien.
  3. Menurut Henry Prat Fairchild
    Sistem merupakan rangkaian yang memiliki keterkaitan antara beberapa bagian dari hal yang terkecil, jika suatu bagian terganggu maka pada bagian yang lainnya akan merasakannya juga.
  4. Menurut L. James Haver
    Sistem merupakan prosedur yang logis dan rasional, yang dapat berguna untuk melakukan atau merancang sebuah rangkian suatu komponen yang berkaitan satu sama lain.
  5. Menurut Indrajid
    Sistem yang mengandung arti dari bebrapa kumpulan dan berbagai komponen yang dimiliki sebuah unsur yang saling memiliki keterkaitan diantara yang satu dengan yang lainnya.
  6. Menurut Salisbury
    Sistem adalah sebuah kelompok dari komponen atau bagian yang dapat berkerjasama dengan kesatuan fungsi.
  7. Menurut Umar Fahmi Achmadi
    Sistem adalah sebuah tatanan yang menjelaskan tentang adanya rangkaian komponen yang saling berhubungan, dan memiliki tujuan ynag sama secara seimbang dan terkoordinasi serta serasi dalam waktu yang sudah terencana.
  8. Menurut Musanef
    Sistem merupakan suatu sarana yang sesuai dengan keadaan dan pekerjaan supaya mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab secara teratur.
  9. Menurut Jogianto
    Sistem adalah sekumpulan dari beberapa elemen (yang berinteraksi) agar memiliki sebuah pencapaian dan tujuan tertentu.
  10. Menurut Poerwadarminta
    Sistem merupakan bagian dari beberapa kelompok yang berupa alat atau yang lainnya, yang dapat bekerja sama agar melaksanakan sebuah tujuann tertentu.
  11. Menurut Murdick, R. G
    Sistem adalah seperangkat elemen yang dapat membentuk kumpulan dari berbagai prosedur pengolahan agar dapat mencari sebuah tujuan bersama dengan mengoprasikan data ataupun barang untuk menghasilkan informasi, ataupun barang.
  12. Menurut Zulkufli A.M.
    Sistem adalah suatu himpunan suatu benda nyata ataupun abstrak (a set of thing) yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan, saling mendukung dan saling ketergantungan, untuk bersatu dalam satu kesatuan agar mencapai tujuan secara efektif.
  13. Menurut Pamudji
    Sistem adalah suatu kebulatan yang terorganisir, yang mana perpaduan dari bagian-bagian tersebut dapat membentuk suatu kesatuan yang utuh.
  14. Menurut Bertalanffy
    Sistem merupakan sebuah kumpulan komponen yang saling berinteraksi yang satu dengan yang lainnya dan bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan.
  15. Menurut Koentjaraningrat
    Sistem merupakan suatu susunan yang dapat bergerak dan berfungsi.
  16. Menurut Mulyadi
    Sistem merupakan kelompok suantu unsur yang sangat erat keterkaitannya dengan yang lainnya, yang sama-sama berfungsi untuk mencapai suatu tujuan.
  17. Menurut Anatol Raporot
    Sistem adalah kumpulan dari kesatuan perangkat yang berhubungan dengan satu dan dengan yang lainnya.
  18. Menurut Webster’s Unabridged
    Sistem merupakan sebuah elemen yang saling berkoneksi untuk membentuk satu kesatuan (organisasi).
Baca Juga :  Media Komunikasi – Pengertian, Makalah, Jenis, Audio Dan Contoh

Baca Juga : Pengetahuan Adalah

  1. Menurut Robert Allen
    Sistem adalah sebuah prosedur yang mapan dan terorganisir yang dapat membuahkan hasil.
  2. Menurut Pilecki
    Sistem adalah sekumpulan objek dan itu dihubungkan dengan atributnya. Sitem juga dapat diartikan sebagai satu kesatuan yang memiliki sejumlah bagian, atribut dari bagian antara bagian tersebut dengan atribut.
  3. Menurut Andri Kristanto
    Sistem adalah jaringan kerja yang memiliki prosedur yang memiliki hubungan, menjadi satu untuk melakukan kegiatan yang memiliki sasaran tertentu.
  4. Menurut Edgar F. Huse
    Sistem adalah rangkaian dari bebrapa bagian yang saling berkaitan sehingga memunculkan interaksi dan saling berpengaruh.
  5. Menurut C.W. Churchman
    Sistem merupakan seperangkat dari bagian yang dikoordinasikan secara seimbang dan harmonis agar melaksanakan pencapaian dari sebuah tujuan.
  6. Menurut Davis, G. B
    Sistem adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama untuk menyelesaikan sasaran tertentu.
  7. Menurut Gordon B. Davis
    Sistem terdiri dari beberapa bagian yang saling berkaitan satu dengan yang linnya, dan beroprasi secara bersama-sama untuk mencapai sasaran tertentu.
  8. Menurut James L. Bowdict
    Sistem adalah sebuah rangkian dari beberapa bagian yang saling berkaitan sehingga dapat menimbulkan interaksi yang saling berpengaruh.
  9. Menurut Mark Victor Hansen
    Sistem merupakan sebuah prosedur yang terorganisir sehingga dapat membuahkan hasil dari tujuan tersebut.
  10. Menurut Eric Kohler
    Sistem sebagai rangkaian yang memiliki keterkaitan antar bagian-bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian terganggu, maka bagian yang lainnya akan ikut merasakan ketergangguan.

Baca Juga : Pengertian Dan Mekanisme Interpelasi Menurut Para Ahli

  1. J.C. Hinggins
    Sistem merupakan sebuah seperangkat bagian yang berkoneksi atau saling berhubungan.
  2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
    Perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran darah di tubuh.
    Susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dsb. Contoh: pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb);
    Metode. Contoh: pendidikan (klasikal, individual, dsb)
  3. A. Hall dan R. Fagen
    Sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan diantara objek tersebut serta hubungan antara sifat yang mereka miliki.
  4. Ludwig Von Bartalanfy
    Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
  5. Colin Cherry
    Sistem adalah suatu keseluruhan yang dibentuk dari banyak bagian dari berbagai macam sifat.
  6. Prajudi
    Sistem adalah suatu jaringan dari prosedur-prosedur yang berkaitan satu sama lain menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi utama.
  7. Sumantri
    Sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud
  8. Inu Kencana Syafie
    Sistem merupakan satu-kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya.
Baca Juga :  31 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli, Fungsi & Jenis

  1. Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan
    Sistem adalah serangkaian komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
  2. O’brien
    Sistem merupakan suatu sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.
  3. Djekky R. Djoht
    Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.
  4. Azhar Susanto
    Sistem adalah kumpulan dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.
  5. Arifin Rahman
    Sistem merupakan suatu kumpulan pendapat pendapat, (collection of opinions), prinsip prinsip (principles), dan lain lain yang membentuk suatu kesatuan yang berhubung hubungan satu sama lain.
  6. Sutarman
    Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berinteraksi dalam suatu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.
  7. Henry Prat Fairchild
    Sistem adalah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergangguan tersebut.

Karakteristik Sistem

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yang memiliki komponen kompone (komponen), batas sistem (boundary), di luar lingkungan sistem (lingkungan), antarmuka (interface), masukan (input), keluaran (output), pengolahan (proses ), dan tujuan (sasaran).

Karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Komponen (komponen)
    Sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang berarti bahwa setiap bakerja bersama untuk membentuk serikat pekerja. Komponen sistem biasanya dikenal dengan subsistem. Subsistem memiliki hal sistem itu sendiri dalam fungsinya dan memiliki sistem keseluruhan.
  2. Batasan Sistem (boundary)
    Pembatasan yang membatasi sistem merupakan daerah antara sistem dengan sistem lainnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Menunjukkan sistem membatasi ruang lingkup sistem.
  3. Lingkungan Luar Sistem (environments)
    Lingkungan luar sistem di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapat bermanfaat serta merugikan sistem. Lingkungan eksternal yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak akan mengganggu kehidupan kelansungan sistem.
  4. Penghubung Sistem (Interface)
    Sistem link adalah media penghubung antara subsistem lainnya. Melalui interface ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.
  5. Masukan Sistem (Input)
    Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat pengobatan masukan (input pemeliharaan) dan sinyal input (sinyal input). Masukan energi pemeliharaan dimasukkan sehingga sistem tersebut dapat beroperasi. Sinyal input diproses untuk mendapatkan keluaran energi.
  6. Output System (Output)
    Keluaran sistem adalah hasil dari energi dalam meskipun dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Output dapat menjadi masukan bagi subsistem lain atau suprasistem.
  7. Pengolahan Sistem (proses)
    Suatu sistem dapat memiliki bagian pengolahan yang akan mengubah input menjadi output.
  8. Sasaran Sistem (objectives)
    Sebuah sasaran yang ingin dicapai untuk menentukan masukan yang diperlukan dari output sistem menjadi sistem yang dihasilkan.
Baca Juga :  Denah - Pengertian, Fungsi, Faktor-faktor, dan Cara Membacanya

Klasifikasi Sistem

Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, adalah sebagai berikut :

  • Sistem abstrak (abstract system) dan sistem (sistem fisik). Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Sistem fisik adalah sistem yang secara fisik.
  • Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (sistem yang dibuat manusia). Sistem sistem adalh alam yang terjadi melalui proses alam, tidak buatan manusia. Sistem buatan yang melibatkan interaksi antara manusia dan mesin yang disebut sistem manusia-mesin.
  • Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tentu (probabilistic system). Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depan tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
  • Sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system). Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan eksternal. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh oleh lingkungan eksternal.

Demikian Pembahasan Tentang Sistem – Pengertian Menurut Para Ahli, Karaterisik Dan Cirinya Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Lazuare.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.